Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Billboard FANDEZIG

Cara Flash Samsung Galaxy A02 (SM-A022F) via Odin

Pada artikel berikut ini akan dibagikan informasi mengenai cara flash Samsung Galaxy A02 (SM-A022F) . Bila mendengar kata – kata flash, maka sering kali disamakan dengan proses reset pabrik. Padahal kedua hal tersebut memiliki makna yang berbeda.

Cara Flash Samsung Galaxy A02 (SM-A022F)

Flashing sendiri merupakan proses instal ulang ponsel agar pengaturanya kembali seperti semula, dengan menggunakan firmware khusus sesuai dengan jenis ponsel yang Anda tangani. Sedangkan reset pabrik sebenarnya adalah sebuah fitur yang memang sudah tersedia di dalam ponsel tersebut.

Reset pabrik berguna untuk menghadapi sistem yang bermasalah, namun beberapa sistem lainya masih dapat Anda akses. Akan tetapi. Reset pabrik tidak dapat Anda lakukan jika file backup yang ada pada ponsel tersebut rusak. Oleh sebab itu, perlu dilakukan flashing untuk memperbaiki firmware.

Dengan demikian proses flashing lebih banyak disarankan dari pada melakukan reset pabrik. Lalu pada saat apa suatu ponsel harus melakukanflashing ? sebelum menuju tata cara flashing Samsung Galaxy A02 SM-A022F. Kenali dahulu penyebab ponsel harus di flashing.

Penyebab Ponsel Harus Segera di Flashing

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan ponsel Anda perlu di flashing ulang.

1. Terdapat menu atau fungsi yang eror

Sebagai contoh, bila kondisi layar masih bagus akan tetapi sensor touchscreen menjadi tidak fokus, jaringan trouble, terdapat menu yang hilang, dan lain – lain. Bila reset ulang tidak daoat menyelesaikan masalah ini, maka ini saatnya Anda harus melakukan flash pada hp Anda.

2. Terdapat masalah setelah Reset

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan saat terdapat masalah sistem pada ponsel adalah melakukan reset pabrik. Akan tetapi jika setelah melakukan reset, kondisi ponsel tidak membaik maka Anda perlu melakukan flash firmware.

3. Ponsel sering Restart sendiri

Bila kondisi baterai ponsel masih bagus dan mesin ponsel tidak rusak, akan tetapi ponsel Anda sering melakukan restart sendiri. Maka tidak ada salahnya jika Anda melakukan flash ulang. Karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh sistem ponsel yang sudah rusak.

4. Banyak Aplikasi yang Eror

Bila aplikasi pada ponsel Anda sering eror seperti macet, tiba – tiba terhenti, atau bahkan sampai keluar dengan sendirinya saat sedang Anda jalankan. Maka pilihan pertama adalah melakukan reset pabrik, bila tak mempan barulah Anda harus melakukan flash pada ponsel tersebut.

5. Ponsel mengalami Bootloop

Ketika ponsel Anda hidupkan, akan tetapi yang muncul hanya logi ponsel saja secara berulang-ulang. Maka flashing ponsel menjadi alternatif terakhir yang terbaik untuk menangani masalah tersebut.

6. Ponsel mati keseluruhan

Bila kondisi ponsel masih bagus tidak ada masalah baterai akan tetapi ponsel Anda tidak dapat Anda hidupkan. Maka proses flashing menjadi pilihan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi tanda kapan ponsel Anda harus di flashing. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika terjadi sedikit kesalahan saja dapat berakibat fatal, ponsel Anda bisa rusak total dan tidak dapat Anda gunakan lagi. Oleh sebab itu perhatikanlah baik-baik cara flash Samsung Galaxy A02 (SM-A022F) berikut ini.

Bahan-bahan sebelum melakukan flashing Samsung Galaxy A02

Sebelum itu terdapat alat dan bahan yang Anda butuhkan sebelum melakukan flash samsung galaxy A02 SM-A022F, bahan-bahan tersebut antara lain:

Cara Flash Samsung Galaxy A02 (SM-A022F) dengan Odin Tool

1. Lakukan ekstrak file yang sudah Anda siapkan di komputer Anda.

2. Kemudian, Install Samsung USB Driver sampai selesai.

3. Chargerlah ponsel Anda hingga memiliki daya minimal 70%.

4. Setelah itu, matikan ponsel Anda dan lepaskan semua kartu SIM maupun kartu memori.

5. Kemudian, dalam keadaan ponsel mati tekan tombol Volume Down, Volume Up dan tombol Power secara bersamaan sambil mencolokan kabel USB yang sudah terhubung di PC. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar ponsel memasuki Mode Download.

6. Ketika sudah dalam mode tersebut, bukalah Tool Odin pada komputer Anda, kemudian cek apakah ponsel Anda sudag terhubung pada Tool Odin. Lihatlah pada kolom ID:COM.

7. Tambahkan file ke dalam kolom BL, AP, CP, dan CSC. Letakkan file sesuai dengan nama file tersebut.

8. Bila semua file sudah terisi, selanjutnya ialah klik Start. Pada saat inilah proses flashing akan berlangsung dalam beberapa menit saja.

9. Tunggulah sampai pada layar Odin menunjukkan kata PASS yang berarti, proses flashing sudah selesai dan aman.

Demikianlah langkah-langkah mengenai cara flash Samsung Galaxy A02 (SM-A022F) . Sehingga Anda telah memperbarui dan memperbaiki firmwarelama Anda dengan menggunakan firmware yang baru saja Anda download. Kini ponsel Anda akan bekerja lebih optimal, dan tanpa gangguan lagi.