Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Billboard FANDEZIG

Cara Flash Samsung Galaxy A01 Core (SM-A013G) Melalui Odin

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara flash Samsung Galaxy A01 Core (SM-A013G) . Dengan memperhatikan tutorial cara flash hp berikut ini, Anda dapat memperbaiki sendiri bila terdapat masalah pada device Anda.

Cara Flash Samsung Galaxy A01 Core (SM-A013G)

Masalah tersebut seperti layar hp mati, layar menghitam, aplikasi error, hingga hp mengalami bootloop. Bootloop sendiri merupakan masalah perangkat lunak, dimana device gagal masuk pada sistem android, sehingga saat ponsel Anda hidupkan hanyalah nampak logo ponsel yang muncul secara berulang-ulang.

Pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah pengertian dari flash hp tersebut. Kegiatan flash atau flashing merupakan proses menginstal ulang hp android, agar pengaturan sistemnya kembali seperti semula. Flashing dapat dilakukan secara mandiri maupun melalui penyedia jasa service yang tersebar di berbagai konter hp.

Kebanyakan orang mengira bahwa flashing sama dengan root. Padahal kedua hal tersebut sangat berbeda. Flashing hanya melakukan instal ulang sistem saja, sedangkan root merupakan kegiatan yang memberikan akses tak terbatas kepada penggunanya. 

Dengan melakukan root hp, Anda dapat melakukan banyak hal seperti terinstal (backup / restore), bahkan Anda dapat menghapus aplikasi bawaan. Sedangkan guna flashing hanyalah sebatas untuk meningkatkan kinerja hp Anda seperti semula. Dengan ini semakin jelas bukan perbedaan antara root dan flashing?

Berikut saran-saran sebelum melakukan flashing hp Anda

  • Pastikan bahwa Anda sudah mengeluarkan atau log out semua akun google yang ada di hp Anda.

  • Pastikan Anda sudah menghapus segala bentuk kunci sandi, seperti pin, pola, sidik jari, maupun pendeteksi wajah yang ada dalam hp Anda.

Itulah beberapa hal yang musti Anda perhatikan. Bila Anda merasa terlalu awam dengan kegiatan ini, maka sebaiknya serahkan hal ini pada tenaga ahli saja. Karena jika terjadi kesalahan sedikit saja, dapat menyebabkan hp menjadi hang, layar mati, hingga bootloop. Semua pilihan ada di tangan Anda, maka pilihlah dengan bijak ! 

Sebelum menuju cara flash Samsung Galaxy A01 Core (SM-A013G) , persiapkanlah bahan-bahan untuk melakukan flashing pada Samsung Galaxy A01 Core.

Bahan-Bahan Flashing Samsung Galaxy A01 Core

Cara Flash Samsung Galaxy A01 Core SM-A013G via Odin Tool

1. Pertama-tama, jika posisi hp Anda masih menyala, maka Anda harus menonaktifkan device tersebut terlebih dahulu. Kemudian lepaslah kartu SIM beserta kartu memori Anda.

2. Anda harus mengisi baterai Anda minimal 70%. Proses flashing membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga membutuhkan daya baterai yang cukup.

3. Kemudian ekstraklah semua file Anda ke dalam komputer. Pastikan tidak ada yang ketinggalan. 

4. Setelah proses ekstrak file selesai, bukalah aplikasi Odin dengan cara klik dua kali pada shortcut tools Odin. Lalu tambahkan file pada tiap – tiap bidang di Odin yakni BL, CP, CSC, dan AP.

5.Setelah melakukan penambahan file di setiap bidang pada Odin, selanjutnya masuk kedalam mode downloading, dengan cara menekan tiga tombol sekaligus secara bersamaan. 3 tombol tersebut adalah tombol Volume Up, Volume Down, dan Power, sambil mencolokan kabel USB yang sudah terhubung dengan komputer. 

6. Perhatikan kembali pada aplikasi Odin. Pastikan ponsel Anda sudah terhubung pada aplikasi tersebut.

7. Setelah ponsel sudah terhubung dengan Odin, maka klik tombol Start dan proses flashing pun dimulai.Tunggulah beberapa saat, hingga selesai. 

8. Jika proses flashing sudah selesai, maka akan muncul tulisan PASS pada tampilah Odin. Dengan begitu Anda sudah berhasil melakukan flashing pada ponsel Anda.

9. Setelah proses sudah selesai, cabut kabel USB penghubung antara hp dan komputer, lalu pasang kembali kartu SIM dan kartu memori Anda. Kemudian nyalakan kembali hp Anda. Loading awal akan berlangsung sedikit lebih lama dari biasanya.

Demikianlah langkah-langkah dalam cara flash Samsung Galaxy A01 Core (SM-A013G) . Kini Anda pun dapat melakukan perbaikan sendiri jika terdapat masalah pada device Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa saran yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan flashing sendiri.