Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Hard Reset Realme 5 Pro Melalui Recovery Mode

Sebelum melakukan hard reset Realme 5 Pro, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahwa data di memori internal akan hilang seluruhnya dan tertingga bawaan pabrik saja. oleh sebab itu backup seluruh data di memori card atau pada penyimpanan lainnya yang kemungkinan tidak akan terhapus.

Cara Hard Reset Realme 5 Pro

Cara Hard Reset Realme 5 Pro via Recovery Mode

Meski terbilang baru, namun Realme menjadi salah satu brand yang memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan dengan berbagai alasan. Salah satunya yaitu dukungan spesifikasi mumpuni dan harga ramah di kantong. Berikut ini langkah-langkah praktisnya:

1. Matikan smartphone Realme Anda terlebih dahulu.

2. Caranya dengan menekan tombol Power lama, kemudian pilih matikan daya.

3. Pastikan daya baterai terisi minimal 60%.

4. Lepas kartu SIM dan memori SD dari perangkat.

5. Nyalakan kembali dengan menekan tombol Volume (-) dan Power bersamaan.

6. Tahan beberapa detik hingga muncul logo realme dan masuk mode bahasa.

7. Pilih Bahasa Inggris untuk melanjutkan.

8. Gunakan tombol Volume (-) dan (+) untuk navigasi dan Power untuk konfirmasi.

9. Pilih menu wiped data sebagai perintah lanjutan.

10. Pilih format data, kemudian konfirmasi Ya.

11. Tunggu ponsel Anda melakukan proses wiping.

12. Prosesnya sendiri terbilang cukup lama.

13. Tunggu sampai muncul notifikasi wiped successful.

14. Proses selesai.

Baca juga : Cara Flash Realme 5 Pro Melalui Mode Recovery  

Manfaat Melakukan Hard Reset

Meski sebagian besar data di memori internal akan hilang, namun hard reset sering menjadi pilihan untuk berbagai tujuan. Langkah-langkahnya sendiri tidak begitu rumit, hanya saja perlu ketelitian. Berikut ini pembahasan mengenai beberapa keuntungan melakukan hard reset untuk HP realme 5 Pro:

1. Memperbaiki Masalah Ponsel

Ada banyak masalah yang kemungkinan akan menyerang ponsel Anda jika terlalu sering atau lama Anda gunakan. hal ini membuat beberapa orang memutuskan untuk membeli perangkat baru. Agar lebih hemat pengeluaran, tidak ada salahnya mencoba menjalankan hard reset.

banyak orang percaya jika Hard reset bisa mengatasi berbagai masalah pada ponsel agar lebih responsif dan tidak hang. Saat ingin menjalankan prosesnya, bisa pengguna lakukan sendiri sehingga tidak perlu ke ahlinya. Langkah-langkah di atas sudah menjabarkan secara terperinci dan lengkap dengan tujuan mempermudah.

2. Ponsel Semakin Responsif

Ketika ponsel telah lama digunakan, tentu akan mengalami berbagai masalah seperti lemot atau tiba-tiba hang karena terinfeksi virus. Terkadang juga karena memori penyimpanan terlalu penuh. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya pindah data ke memori eksternal.

Tujuannya adalah agar data penting yang terdapat pada ponsel tidak hilang. Pastikan untuk menyimpan nya di lokasi paling aman serta mudah Anda temukan. Setelah melakukan hard reset, sebagian besar ponsel akan terasa seperti baru karena menjadi lebih responsif.

3. Menghilangkan Infeksi Virus Berbahaya

Virus sendiri bukan hanya ada dalam dunia medis saja melainkan juga teknologi. Jika sebuah perangkat telah terinfeksi, maka bisa menyebabkan banyak masalah seperti pencurian data pribadi, pengalihan akun, serta semua aktivitas pengguna akan diawasi oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kejadian seperti ini sudah banyak terjadi saat ini, bahkan bukan untuk tujuan baik melainkan penyalahgunaan. Jika telah merasakan hal demikian atau sekedar ingin berjaga-jaga sebaiknya segera lakukan hard reset. Langkah tersebut terbukti cukup efektif guna menyelesaikan berbagai masalah.

4. Perangkat Terasa Baru

Setelah melakukan hard reset umumnya seluruh data yang terdapat di dalamnya akan hilang dan hanya tersisa bawaan pabrik saja. Oleh karenanya sebaiknya backup seluruh file ke tempat aman. Meskipun begitu proses ini sering menjadi pilihan banyak orang.

Setelah melakukan hard reset, umumnya ponsel akan terasa baru karena lebih responsif dan memori lebih longgar. Selain untuk mengatasi masalah-masalah, proses satu ini dapat Anda jalankan ketika memori internal terlalu penuh sehingga mengakibatkan sering mati sendiri.

5. Bisa Digunakan untuk Membuka Ponsel yang Lupa Sandi

Menyematkan sandi pada ponsel biasanya dilakukan dengan tujuan agar data di dalamnya lebih aman dan tidak dibuka sembarang orang karena ada banyak privasi. Namun terkadang jika terlalu sering pemilik ganti maka akan lupa, sehingga tidak bisa Anda buka dan operasikan kembali.

Jika ingin membukanya, salah satu caranya yakni melakukan hard reset. Perlu diketahui jika langkah-langkahnya terdiri dari beberapa, sebaiknya pilih yang tidak menggunakan PC atau laptop. Hard reset dapat menjadi rujukan karena terbilang mudah serta tidak memerlukan waktu lama.

Jika dulunya hard reset umumnya dengan menyambungkan ke PC atau laptop, melainkan juga melalui ponsel. Dalam hal ini ketelitian memegang peranan penting untuk mempermudah prosesnya.

Demikian penjelasan mengenai hard reset Realme 5 Pro yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan proses nantinya. Pastikan mempersiapkan berbagai perlengkapan sebelumnya dengan tujuan agar nantinya lebih praktis dan tidak bingung mengenai proses-prosesnya mulai dari awal sampai akhir.