Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Billboard FANDEZIG

Cara Flash Samsung Galaxy M32 (SM-M325F) via Odin

Ada yang tau bagaimana cara flash Samsung Galaxy M32 (SM-M325F) ? Cara ini bisa jadi tahapan sekaligus solusi jitu untuk atasi berbagai masalah yang terjadi pada device Anda , lho! Misalkan saja bootlopp, bug, atau hanya untuk meningkatkan versi sistem operasi supaya performa device makin kece.

Cara Flash Samsung Galaxy M32 (SM-M325F)

Cara ini tak banyak diketahui, dan biasanya hanya populer dikalangan orang-orang tertentu saja, khususnya mereka yang memang punya hobi mengoprek ponsel android. Sebenarnya, bukan cuma android, mereka yang doyan mengoprek akan melakukan hal yang sama terhadap perangkat elektronik lainnya, misalkan televisi dan laptop.

Tahukah Anda apa tujuan mereka melakukan hal ini? Pertama, untuk meningkatkan performa ponsel, bisa juga untuk mengatasi ponsel yang lelet, atau bahkan sekedar bahan uji coba dan melampiaskan hobi semata.

Apapun tujuannya, kegiatan ini nyatanya memang bermanfaat, dan sesekali kita butuhkan. Setiap orang tentunya memiliki hak masing-masing terhadap device mereka. Umumnya, digunakan untuk saling berkomunikasi, bekerja, dan banyak hal lain yang memudahkan aktifitas sehari-hari.

Karena punya pengaruh yang besar, wajar bila kita merasa panik ketika ponsel mulai menunjukkan tanda-tanda yang tak biasa. Meskipun kadang, penyebab kerusakan ini datangnya dari kita sendiri. Terkadang, tanda sadar kita yang membiarkan ponsel bekerja terlalu lelah dan berakhir dengan bootloop.

Bahkan lebih parahnya, ponsel gagal loading dan hanya mentok pada logo saja. Jika sudah begini, bagaimana solusinya? Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mengembalikan ponsel seperti keadaan semula. Penasaran apa saja cara tersebut? Simak penjelasan berikut yuk!

Atasi Bootloop dengan Flash Samsung Galaxy M32

Tahukah Anda apa yang jadi penyebab ponsel bootloop? Jika mencari penyebabnya, ada sejumlah hal yang bisa jadi jawaban. Ponsel bootloop atau mentok pada logo bisa terjadi akibat kelebihan data sehingga penyimpanan penuh, atau bisa juga terjadi akibat adanya kerusakan pada firmware.

Jika sudah begini, upaya apa yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan ponsel seperti semula? Pertama, kita bisa melakukan hard reset, mengembalikan ponsel ke setelan pabrikan, membeli ponsel baru, atau melakukan flashing seperti pada tutorial berikut ini. Masing-masing cara tadi memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda, tergantung dari beratnya masalah yang ada pada ponsel.

Meskipun cara flash Samsung Galaxy M32 (SM-M325F) ini digadang sebagai solusi paling jitu, tetap saja tak ada yang mampu menjamin ini bakal sepenuhnya berhasil. Jika tidak beruntung, mungkin saja ponsel Anda semakin rusak karenanya.

Kasus ponsel bertambah rusak akibat flashing memang pernah terjadi, tetapi intensitasnya jarang. Jika dilakukan oleh tenaga ahli dengan pengetahuan yang cukup, kecil kemungkinan resiko ini bisa terjadi. Lantas, seperti apakah langkah-langkah flashing pada Samsung Galaxy M32 SM-M325F/DS ini? Mari simak langkah-langkahnya!

Persiapkan Bahan-Bahan berikut!

Sebagai tahap awal dalam memulai langkah flash Samsung Galaxy M32 SM-M325F/DS, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan yang kita butuhkan. Bahan pertama yang kita butuhkan adalah stock firmware Samsung Galaxy M32 SM-M325F/DS. Anda bisa mengunduhnya dibawah ini.

Setelah semua bahan lengkap, mari kita lanjutkan dengan menyimak tahapan flash Samsung berikut ini.

Cara Flash Samsung Galaxy M32 (SM-M325F) melalui Odin

1. Pertama, siapkan firmware Samsung Galaxy M32 yang sudah Anda unduh sebelumnya. Ekstrak firmware terlebih dahulu, dan simpan dalam sebuah folder. 

2. Kedua, install Samsung Driver sampai selesai.

3. Sambil menunggu driver terinstall, manfaatkan untuk mengisi daya baterai ponsel Anda. Minimal daya yang tersisa adalah 70%, selanjutnya matikan ponsel untuk memulai langkah lebih lanjut.

4. Ketika ponsel sudah dalam keadaan mati, kita perlu masuk ke Odin Mode. Bagaimana caranya? Cukup dengan menekan tombol Volume Up, Volume Down, dan tombol Power secara bersamaan sambil menyambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.

5. Apabila layar menampilkan peringatan Warning, tekan tombol Volume Up sekali lagi, sehingga tampil perintah seperti ini.

6. Selanjutnya, buka Tool Odin.

7. Disini, kita perlu menambahkan file firmware ke bidang-bidang yang sesuai. Yakni pada bidang BL, AP, CP dan CSC. Tambahkan satu persatu, dan harus ke bidang yang sesuai. 

8. Tak perlu melakukan setting apapun pada aplikasi Odin. Cukup lihat pada bagian ID:COM, dan pastikan ponsel Anda berada di port berapa. Selanjutnya, silahkan klik tombol Start.

9. Tunggu sampai Odin selesai menginstall file firmware yang sudah kita masukkan ke bidangnya masing-masing tadi. Jika proses ini selesai, Odin akan menampilkan pesan PASS!.

Dengan demikian, selesai sudah cara flash Samsung Galaxy M32 (SM-M325F). Berikutnya, cukup tunggu ponsel untuk restart. Karena sudah kita lakukan pembaruan sistem operasi, mungkin saja restart memakan waktu lebih lama. Tunggu sebentar, dan selamat menikmati performa baru pada ponsel Samsung Anda.