Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Billboard FANDEZIG

Cara Flash Samsung Galaxy M12 (SM-M127F) Melalui Odin

Ada banyak permasalahan yang bisa kita selesaikan melalui cara flash Samsung Galaxy M12 (SM-M127F) . Contohnya seperti sistem Android sering mengalami bug, terkunci karena lupa kata sandi, bootloop, dan lain-lain.

Cara Flash Samsung Galaxy M12 (SM-M127F)

Jika kebetulan Anda juga mengalaminya, jangan panik. Gangguan-gangguan demikian adalah hal yang wajar bagi pemilik smartphone, bahkan bukan hanya pengguna Samsung saja.

Jangan buru-buru mengeluarkan biaya untuk melakukan service handphone atau malah membeli yang baru, cobalah untuk Flash Samsung Galaxy di laptop secara mandiri. Caranya sesungguhnya tidak sulit yang dibayangkan oleh banyak orang.

Mungkin, Anda masih sering mendengar proses flashing yang rumit dan berbahaya. Padahal pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Melalui tutorial yang profesional, proses panjang tersebut menjadi ringan dan mudah.

Membicarakan tentang cara flashing Samsung Galaxy M12 SM-M127F/DS, tidak lengkap rasanya jika tidak menelusuri identitas perangkat tersebut. Sebagai serial keluaran terbaru dari Samsung, tentu perangkat ini melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas yang aduhai.

Mulai rilis pada bulan Mei 2021, Samsung M12 mengaku dirinya memiliki kekuatan baterai andalan, yaitu 5.000 mAh dan fasilitas fast Changing 15W. Dengan kapasitas ini, perangkat tersebut bisa bertahan untuk melakukan video call selama 15 jam nonstop.

Tidak berlebihan jika kita menduga bahwa Samsung M12 adalah respon perusahaan tersebut terhadap fase pandemi ini. Fase di mana seluruh kegiatan publik terpaksa harus melalui tatap layar yaitu video.

Selain itu, seri ini juga memiliki konfigurasi kamera terbaik dengan empat lensa kamera. Spesifikasi layarnya bahkan sudah menggunakan LCD PLS 6,5 inchi.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya, cara flash Samsung Galaxy M12 (SM-M127F) mudah bagi siapa saja. Syaratnya, tersedia panduan yang terpercaya dan tentu saja mudah memahamkan pembaca.

Adapun tutorial ini dibuat oleh para profesional yang sudah berpengalaman dalam bidang flashing. Jadi, Anda harus percaya diri bahwa teknik ini nantinya akan sukses. 

Untuk memudahkan pemahaman, kami membagi tutorial ini menjadi dua tahapan, yaitu persiapan dan proses flashing itu sendiri. Selain itu, ada beberapa peralatan yang Anda perlukan, yaitu laptop atau komputer dan kabel USB.

Jika dua peralatan tersebut sudah siap, langsung saja kita memulai proses ini.

Bahan-bahan sebelum melakukan flashing Samsung Galaxy M12

Persiapkan Samsung USB Driver, Odin v3, dan stock Firmware Samsung SM-M127F. Anda bisa mengunduhkan ketiga software ini pada link yang sudah tersedia.

Pastikan Anda sudah mengunduh software dengan nama yang tepat. Sebagian besar kegagalan flashing adalah sebab penggunaan firmware yang tidak tepat terhadap perangkat. Jika hal ini terjadi, sistem dapat rusak sepenuhnya.

Jika ketiganya sudah terdownload dengan sukses, kumpulkan dalam satu folder. Selanjutnya, ekstrak masing-masing file tersebut. Jika sudah, kita bisa memulai ke tahap flashing.

Cara Flash Samsung Galaxy M12 (SM-M127F) via Odin Tool

Sebelum masuk ke tahap ini, pastikan dahulu bahwa perangkat Android sudah menyimpan daya minimal 80%. Hal ini untuk memastikan bahwa perangkat tidak akan kehabisan baterai sebelum proses flashing berakhir.

Jika ada dokumen dalam Android yang sangat penting, pindahkan dahulu ke ruang lain. Langkah ini untuk berjaga-jaga jika nanti seluruh data akan hilang.

1. Install Samsung USB Driver ke perangkat komputer. Tunggu beberapa saat hingga terpasang sempurna. Ditandai dengan munculnya keterangan berupa tulisan finish.

2. Matikan perangkat (device) Android. Kemudian masuk ke Mode Downloading, Caranya dengan menekan tahan tombol Volume Up, Volume Down, dan tombol Power secara terus-menerus. Sembari terus menekan, sambungkan perangkat Android tersebut ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Setelah tersambung, tekan tombol Volume Up beberapa saat. Langkah ini akan mengantarkan Anda ke Mode Downloading.

4. Setelah selesai, buka tool Odin yang sebelumnya sudah Anda ekstrak pada tahap persiapan. Jika perangkat Android Anda sudah tersambung dengan benar, Anda akan melihat nama perangkat pada kolom ID:COM yang terdapat pada halaman aplikasi.

5. Isi kolom AP, BL, CP dan CSC pada tampilan tersebut menggunakan file firmware Flash Samsung M12 yang sudah Anda ekstrak pada tahap persiapan.

6. Pastikan sekali lagi bahwa semua kolom sudah terisi dengan benar. Jika sudah, klik opsi Start.

7. Kini, proses flashing oleh sistem sedang berjalan. Anda tidak perlu melakukan apapun selain menunggu hingga flashing selesai. Pada tahap ini, pastikan juga bahwa koneksi kedua perangkat tetap terjaga dengan baik.

8. Flashing selesai ketika pada tampilan aplikasi Odin sudah mengeluarkan notifikasi PASS. Kini, Anda bisa melepaskan kabel USB dan sistem dalam perangkat Android sudah kembali seperti baru.

Sekian tutorial cara flash Samsung Galaxy M12 (SM-M127F) . Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memperbaiki berbagai masalah pada smartphone android kesayangan Anda.