Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Billboard FANDEZIG

Cara Flash Samsung Galaxy A72 (SM-A725F) via Odin

Informasi mengenai cara flash Samsung Galaxy A72 (SM-A725F) yang benar sangat penting Anda pahami sebelum mempraktekkan tindakan tersebut. Pasalnya, teknik flashing yang salah dapat berdampak fatal terhadap keselamatan sistem Android.

Cara Flash Samsung Galaxy A72 (SM-A725F)

Ada beragam alasan mengapa banyak orang melakukan flashing. Padahal risikonya tidak kalah berat seperti hilangnya garansi hingga potensi handphone mati total. 

Namun, risiko tersebut sepertinya memang tidak sebanding dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Seperti sistem Android yang akan kembali seperti baru, memperkuat keamanan sistem, menghindari bug, dan media penyimpanan kembali tertata.

Jika Anda berminat melakukan cara ngeflash HP Samsung manual, jangan lupa untuk memastikan sudah mempelajari cara-caranya. Tentu Anda tidak ingin handphone menjadi mati permanen karena kesalahan dalam memasang software.

Bagi pemula, langkah-langkah ini mungkin tampak rumit dan berisiko. Oleh karena itu, kami menyarankan adanya pendampingan dari orang yang sudah berpengalaman sebelumnya melakukan flashing.

Tahap melakukan flashing pada HP Samsung terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap flashing. Langsung saja, kita akan masuk ke tahap pertama.

Bahan-bahan sebelum melakukan flashing Samsung Galaxy A72

Pada tahap ini, Anda harus mengunduh beberapa software yang nantinya diperlukan untuk melakukan flashing. Adapun file tersebut adalah Odin, Stock Firmware Samsung Galaxy A72, dan Samsung USB Driver.

Sejauh ini, cara flash HP Samsung di laptop adalah satu-satunya cara. Jadi, Anda tidak bisa melakukannya hanya dengan berbekal handphone saja. 

Jadi, persiapkan laptop atau Personal Computer (PC) yang didalamnya sudah ter-install Windows. Jangan lupa juga untuk mem-back up seluruh data dalam ruang penyimpanan Android karena proses flashing akan menghapus seluruh data tersebut.

Untuk memindahkan seluruh file secara efektif, Anda bisa menggunakan kabel USB. Perangkat penyalur ini nantinya juga akan dibutuhkan untuk melakukan flashing.

Cara Flash Samsung Galaxy A72 (SM-A725F) melalui Odin Tool

Kini, kita masuk pada proses inti. Sebelum memulai flashing, pastikan terlebih dahulu daya baterai perangkat Android sudah mencapai minimal 70%. Jika belum, charge terlebih dahulu.

Flashing adalah proses yang membutuhkan waktu lama. Kehabisan baterai sebelum proses berakhir akan berdampak fatal pada keselamatan perangkat.

1. Kumpulkan ketiga software flash Samsung yang sudah Anda download di Android ke dalam satu folder. Ekstrak seluruh file tersebut.

2. Pada saat bersamaan, silakan menginstall file Samsung USB Driver. Tunggu beberapa saat hingga software tersebut terinstal sempurna. Laptop atau PC akan memberikan notifikasi finish.

3. Sekarang, matikan perangkat (device) Android dengan cara menekan kedua tombol Volume Up, Volume Down dan tombol Power secara bersamaan dalam waktu lama, Sambil menekan ketiga tombol, sambungkan HP ke kabel USB yang sudah tersambung ke laptop.

4. Perangkat Android akan mulai memberikan Anda perintah untuk menekan tombol Volume Up. Lakukan intruksi tersebut untuk masuk ke Mode Downloading.

5. Kini, Anda bisa masuk ke file Odin. Cek pada perangkat komputer apakah sudah benar-benar terkoneksi dengan baik. pengguna bisa memastikannya dengan mengecek kolom ID:COM.

6. Langkah selanjutnya, tambahkan file binary ke dalam kolom yang sudah tersedia pada tampilan yaitu AP, BL, CP, dan CSC. Kolom ini tersedia di folder firmware SM-A725F yang sudah Anda download dalam tahap persiapan tadi.

7. Pada proses selanjutnya, klik opsi Start. Langkah ini menandakan bahwa proses flashing pada sistem sudah dimulai.

8. Proses sistem membersihkan dirinya ini bisa terjadi dalam waktu beberapa menit. kini, Anda tinggal menunggu proses tersebut selesai dan memunculkan pemberitahuan berupa keterangan PASS.

9. Notifikasi tersebut sekaligus memberitakan bahwa proses flashing Anda sudah berakhir dengan baik dan sukses. Handphone Samsung Anda kini sudah memiliki sistem yang fresh seperti baru.

Mengatasi Masalah Ponsel Samsung Tanpa Resiko Brick atau Matot

Perlu Anda ketahui, cara flash Samsung Galaxy A72 (SM-A725F) sesungguhnya adalah opsi tindakan terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan sistem Android seperti baru. Ada beberapa opsi lain yang notabene lebih ringan dan tidak berisiko. 

  • Cara pertama adalah melalui metode factory yang tersedia di menu pengaturan. Cara ini tidak akan menghilangkan garansi telepon. Sistemnya hampir sama dengan Anda menghapus seluruh file yang terdapat dalam smartphone tersebut dan mengembalikannya kosong seperti baru keluar dari pabrik.

  • Cara kedua ialah metode recovery data. Langkah ini juga akan membantu Anda terbebas dari file-file yang memenuhi ruang penyimpanan handphone.

Jika kedua metode tersebut tidak bisa memberikan hasil sesuai keinginan, barulah langkah flashing ini bisa Anda terapkan. Jadi, tidak akan lupa kami mengingatkan tentang bahaya apa yang mungkin mengintai sistem smartphone setelah mengalami flashing.

Tutorial di atas terbukti sukses mengantarkan banyak orang berhasil memperbarui handphone Samsung mereka. jadi, jangan khawatir untuk mencobanya.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara flash Samsung Galaxy A72 (SM-A725F) . Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan flashing secara simpel dan aman.