Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Flash Asus ZenFone Max Pro M1 (X00T) Tanpa PC

Bootloop pada smartphone bisa terjadi pada siapa saja dan dengan tipe hp apapun termasuk pemilik hp Asus Zenfone. Salah satu langkah yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bootloop pada hp adalah dengan melakukan flash pada smartphone yang Anda miliki. Cara flash Asus Zenfone Max Pro M1 (X00T) sebenarnya tidak terlalu rumit asalkan memang kerusakan yang terjadi pada hp tidak banyak kerusakan yang terjadi pada hp.

Cara Flash Asus ZenFone Max Pro M1 (X00T)

Bootloop yang terjadinya biasanya perangkat hanya akan mengalami loading yang terus-menerus dan tidak bisa memunculkan menu pada perangkat. Selain itu, biasanya juga hanya akan menampilkan logo yang stuck dan tidak segera mengalami perubahan karena memang perangkat tersebut sedang mengalami bootloop.

Masalah bootloop pada perangkat smartphone memang cukup menjengkelkan. Masalah bootloop ini akan membuat Anda tidak bisa ‘kemana-mana’ karena perangkat yang Anda miliki tersebut mengalami stuck dan tidak bisa melanjutkan ke proses selanjutnya. Dalam hal ini adalah menampilkan menu-menu yang ada pada perangkat Anda.

Sebenarnya, ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu dengan melakukan reset factory. Namun jika Anda baru mememiliki perangkat smartphone dan merasa cukup awam dengan hal tersebut maka langkah ini tidak disarankan untuk Anda lakukan sendiri di rumah. Terlebih hard reset ini bukanlah sesuatu yang sederhana.

Meski demikian, jika Anda mengikuti panduan tutorial tentang cara flash Asus Zenfone Max Pro M1 (X00T) secara cermat dan juga teliti, besar kemungkinan bahwa proses perbaikan tersebut bisa berhasil dan perangkat yang Anda miliki pun dapat kembali bekerja secara optimal seperti sebelumnya.

Baca jugaCara Flash Asus ZenFone Max Plus (M1) X018D

Namun, sebelum membahas secara lebih lanjut tentang cara flash tersebut perlu Anda ketahui bahwa tindakan ini akan menghapus data-data yang Anda miliki. Oleh karenanya, apabila Anda merasa harus dan perlu melakukan pencadangan data, maka tidak ada salahnya jika melakukannya dengan cepat agar tidak mengganggu proses perbaikan perangkat.

Namun jika Anda tidak mungkin melakukan hal ini karena perangkat smartphone yang Anda miliki memang sudah harus diperbaiki, maka alternatif yang bisa Anda tempuh adalah dengan memasang firmware resmi dari perangkat smartphone yang Anda miliki.

Bahan yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Flash pada Asus Zenfone M1

Sebelum membahas secara lebih lanjut tentang cara flash Asus Zenfone Max Pro M1 (X00T), ada baiknya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui beberapa hal yang diperlukan untuk mendukung jalannya proses flashing pada perangkat yang Anda miliki tersebut. Secara umum, ada dua bahan yang diperlukan untuk melakukan flash yaitu :

Berbekal dengan dua bahan ini, Anda sudah siap untuk melakukan flash pada perangkat Asus Zenfone Max Pro (M1) yang Anda miliki.

Cara Flash Asus Zenfone Max Pro M1 Tanpa PC

Cara flash Asus Zenfone Max Pro (M1) X00T tidaklah sembarangan. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan flash pada perangkat Asus Zenfone Max Pro (M1).

1. Isi daya baterai dari smartphone Asus Anda hingga tingkat baterai minimal 60%.

2. Setelah daya baterai sudah mencukupi, nonaktifkan smartphone Anda.

3. Simpan file firmware berekstensi Zip yang telah selesai Anda unduh ke dokumen root di memori SD Card Anda.

4. Masukkan saja Kartu SD Anda tadi yang sudah terisi file kedalam smartphone.

5. Hidupkan smartphone Anda dengan cara tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down, hingga smartphone memasuki mode Android recovery.

6. Anda dapat memanfaatkan Volume (-) atau Volume (+) sebagai navigasi dan Power untuk eksekusi.

7. Di bawah mode Android recovery, Anda dapat memilih Instal update from SD card.

8. Pilih firmware untuk menginstal yang sebelumnya Anda simpan.

9. Smartphone Anda akan secara otomatis memperbarui perangkat lunak.

10. Proses flashing akan berlangsung beberapa menit dan Anda dapat menunggu hingga ditandai komplit yang berarti telah sukses.

11. Anda dapat memilih Reboot system now dan smartphone akan berkedip dengan sendirinya dan mulai restart.

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia smartphone mungkin cara flash Asus Zenfone Max Pro (M1) X00T bukanlah sesuatu yang sukar. Namun, jika Anda masih terbilang belum terlalu memahami terkait dengan seluk-beluk proses flashing pada hp maka tidak masalah jika harus memahami uraian langkah-langkah di atas secara perlahan.

Kunci utamanya adalah cermat dan juga teliti dalam memahami dan melakukan langkah-langkah flash yang telah disampaikan di atas. Ketika Anda sudah berhasil untuk menginstal yang namanya firmware, Anda patut berbesar hati karena Anda sudah bisa melakukan perbaikan pada smartphone Anda sendiri.

Kemudian, Anda hanya perlu melakukan konfigurasi sesuai dengan yang dibutuhkan untuk perangkat tersebut. Sebagai saran tambahan, ada baiknya jika Anda tidak terlalu banyak memasang aplikasi pada perangkat telepon seluler Anda karena bisa membuat memori menjadi peunuh yang pada akhirnya bisa memperlambat kinerja perangkat.

Demikianlah cara flash Asus Zenfone Max Pro M1 (X00T) yang perlu Anda ketahui. Kini dengan melakukan beberapa langkah di atas, Anda pun bisa melakukan flashing dan besar kemungkinan bisa memperbaiki perangkat smartphone Anda secara mandiri.