Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Flash Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS) via Odin

Cara Flash Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS) menjadi salah satu hal menarik untuk mengatasi masalah ponsel bootloop. Bagi Anda pengguna Samsung galaxy A2 core, ternyata ponsel tersebut mengalami masalah seperti lupa password, error, sering bootloop dan bugs maka bisa diatasi dengan cara flashing.

Cara Flash Samsung Galaxy A2 Core

Melakukan proses flash untuk HP Samsung bukanlah hal yang sulit. Cara ini terbilang efektif dan juga aman. Anda bisa melakukan cara ini hanya dalam waktu beberapa menit. Langkah-langkah yang bisa dilakukan sangatlah sederhana dan juga mudah untuk diikuti.

Banyak orang yang ketika terjadi masalah bootloop pada smartphone langsung membawanya ke counter untuk diperbaiki. Padahal sebenarnya Anda bisa melakukan perbaikan sendiri menggunakan cara sederhana. Sebelum melakukan proses flashing sebaiknya Anda mengetahui caranya yang benar.

Untuk melakukan proses flashing dibutuhkan firmware yang terbaru. File ini sangatlah diperlukan karena menjadi salah satu syarat penting untuk bisa melakukan perbaikan ponsel yang mengalami bootloop.

Selain flashing, Anda juga bisa memilih hard reset sebagai metode perbaikan. Hard reset sama artinya mengembalikan ponsel ke setelan pabrik. Caranya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu untuk memilih opsi web data atau opsi factory reset.

Baca Juga : Cara Hard Reset Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS) 

Namun apabila cara tersebut tidak berhasil maka Anda bisa memilih opsi yang lebih efisien dan responsif yaitu melakukan flashing. Cara Flash Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS) adalah dengan memperbarui sistem pada ponsel. Cara ini lebih efektif dibandingkan hard reset sehingga Anda bisa mendapati ponsel kembali normal setelah proses selesai.

Terdapat resiko seperti kehilangan data apabila Anda melakukan proses ini. Namun jika ternyata pada ponsel tidak ada data yang penting tentu Anda tidak perlu khawatir dan merasa ragu untuk melakukannya.

Ponsel akan menghapus data lama termasuk sandi yang lupa sehingga Anda bisa menggantinya dengan sandi atau password baru. Aplikasi-aplikasi yang dapat menyebabkan masalah pada ponsel juga akan dihilangkan sehingga ponsel akan bekerja normal kembali.

Sebelum mulai melakukan Cara Flash Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS), Anda juga perlu untuk mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Tanpa peralatan serta bahan-bahan tersebut Anda tidak bisa melakukan proses seleksi.

Bahan yang Diperlukan untuk Proses Flashing

Terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan untuk bisa melakukan proses flashing antara lain: 

Selanjutnya apabila semua bahan tersebut sudah berhasil dipersiapkan, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah tersebut.

Cara Flash Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS)

1. Langkah awal yang harus dilakukan untuk dapat melakukan flash dengan benar adalah ekstrak file yang dibutuhkan terlebih dahulu. Hal tersebut digunakan untuk meng-install software.

2. Setelah itu Anda harus mempersiapkan Samsung USB driver dan install ke PC. Pastikan Anda menggunakan USB asli untuk menghubungkan komputer ke komputer.

3. Sambil mempersiapkan peralatan yang di butuhkan Anda juga harus memastikan jika ponsel Samsung yang akan dilakukan flashing memiliki baterai lebih dari 60%. Apabila sudah memiliki daya yang cukup Anda dapat mematikannya dengan menekan tombol power.

4. Langkah berikutnya cobalah untuk menyalakan ponsel dan kemudian masuk ke mode Odin. Cara untuk menyalakan ponsel tidak seperti biasanya karena Anda harus menggunakan tombol volume up dan tombol volume down. Pastikan jika kabel USB sudah di sambungkan ke komputer.

5. Apabila sudah masuk ke mode Odin nantinya akan muncul peringatan di layar ponsel Anda. Selanjutnya Anda tinggal menekan tombol volume up.

6. Berikutnya Anda akan menemukan mode downloading. Lakukan sambungan ponsel ke PC dan Anda akan melihat aplikasi Odin mendeteksi HP Anda dengan menunjukkan nomor port com di dalam kotak berwarna biru.

7. Langkah berikutnya Anda tinggal memasukkan file ke setiap bidang yang muncul pada aplikasi Odin.beberapa bidang yang harus diisi antara lain BL, AP, CP, dan CSC.

8. Isikan file CSC Apabila Anda ingin melakukan flashing hingga bersih. Sedangkan untuk menyimpan data Anda bisa memasukkan file ke HOME CSC.

9. Biarkan kotak yang dapat dicentang tetap kosong dan kemudian Anda dapat memeriksa auto reboot dan F reset time.

10. Langkah selanjutnya di sana terdapat tombol start. Selanjutnya aplikasi Odin akan menyelesaikan proses flashing. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi PASS yang artinya proses sudah selesai dan sukses.

11. Apabila proses flashing sudah berhasil Anda tinggal melakukan reboot ponsel. Langkah yang terakhir adalah memutuskan sambungan ponsel dari PC.

12. Setelah flash selesai, smartphone akan reboot, dan Anda dapat memutuskan koneksi telepon Anda dari komputer.

Akhirnya Anda sudah berhasil mengikuti cara Flash Samsung Galaxy A2 Core (SM-A260G/DS). Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel.