Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Realme C11 via SD Card

Cara Flash Realme C11
Cara Flash Realme C11

Handphone Realme C11 yang mengalami bootloop atau bug seringkali mengharuskan Anda melakukan pengaturan kembali ke awal agar bisa digunakan kembali. Oleh karena itu, pelajarilah cara flash Realme C11 yang bisa membantu untuk memperbaiki kerusakan tersebut secara mandiri.

Cara Flash Realme C11 melalui Recovery Mode

Flashing merupakan cara termudah dan tercepat untuk mengatasi masalah handphone seperti bootloop dan bug. Tak hanya itu, berfungsi juga sebagai peningkat performa ponsel. Berikut cara-cara mudah melakukan hal tersebut:

1. Siapkan daya baterai Anda minimal 50% dan sebaiknya dalam posisi penuh 100%.

2. Gunakan laptop atau komputer untuk mengunduh firmware terbaru Realme C11 berdasarkan ROM yang dimiliki.

3. Unduh firmware Realme C11 versi terbaru.

4. Pindahkan file firmware ke Micro SD.

5. Matikan smartphone Realme C11 Anda.

6. Setelah mati maka hidupkan kembali dengan cara menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan..

7. Akan muncul dialog box mengenai bahasa yang dipilih, Pilihlah bahasa yang ingin Anda gunakan.

8. Handphone Realme C11 Anda akan memasuki menu Recovery.

9. Pada menu Recovery Mode pilih opsi Install From Storage Device.

10. Cari dan pilihlah firmware yang tadi sudah dipindah ke Micro SD.

11. Muncul dialog box berisi konfirmasi proses flash, Pilih opsi Yes atau Ya untuk memulai proses flash.

12. Handphone Realme C11 Anda akan mereboot sebagai proses flash.

13. Tunggu hingga proses selesai.

14. Proses selesai jika sudah muncul dialog box berisikan tanda Finish atau Success.

15. Kemudian Pilih opsi Reboot.

16. Tunggu hingga handphone Realme C11 Anda hidup kembali.

17. Handphone sudah siap untuk digunakan kembali.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Flash Realme C11

Sebelum melakukan flash maka pastikan sudah mengetahui beberapa hal terkait prosesnya. Tentu dapat menjadi antisipasi apabila terjadi yang tidak diinginkan seperti kegagalan dalam prosesnya. Berikut informasi mengenai hal tersebut:

1. Memastikan Daya Baterai

Saat hendak melakukan flashing Realme C11 handphone, pastikan untuk memiliki daya baterai lebih dari 50%. Hal ini tetap bisa Anda ketahui meskipun kondisi ponsel bootloop yaitu dengan cara menyambungkannya pada charger.

Hal ini bertujuan agar saat proses flashing tidak terganggu dengan masalah kekurangan daya baterai. Bisa pula dengan menghubungkan dengan charger namun sebaiknya mengisi terlebih dahulu agar tidak ribet.

2. Mengunduh Firmware Realme C11 dengan Benar

Firmware merupakan data utama yang harus Anda miliki ketika hendak melakukan flash handphone Realme C11 ini. Lakukanlah pengunduhan pada website resmi atau yang terpercaya agar tidak mengandung malware.

Selain itu, pastikan untuk mengunduh dengan menggunakan jaringan internet yang kuat dan stabil. Hal ini penting agar hasil unduhannya tidak corrupt atau rusak. Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat ukuran firmware apakah sudah sesuai dengan keterangan di websitenya.

3. Terdapat Memori yang Cukup

Memiliki ruang yang cukup juga bisa membantu Anda melakukan proses flashing dengan lancar. Seringkali mengalami halangan karena memori tidak sesuai sehingga harus melakukan penghapusan terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mengosongkan Micro SD supaya space memori cukup dengan memindahkan ke laptop atau komputer. Setelah selesai melakukan cara flash Realme C11, Anda bisa mengembalikan data-data tersebut kembali tanpa harus menghapusnya.

4. Menunggu Hingga Proses Selesai

Proses flash pada Realme C11 tidak memakan waktu lama hingga berjam-jam. Namun, Anda harus tetap menunggu hingga berjalan sukses. Hal ini agar hasilnya juga sesuai ekspektasi yaitu seperti pengaturan semula dan lebih baik performanya.

Jangan melakukan apapun pada smartphone Anda ketika proses flashing berlangsung. Tunggulah sambil melakukan hal lainnya agar tidak bosan sehingga muncul dialog box menyatakan bahwa sudah selesai dan sukses.

5. Mengecek Kembali Data dari Handphone

Jika setelah melakukan flashing dan mengembalikan data ternyata masih terjadi bug maka bisa jadi penyebabnya ada pada file Anda sendiri. Lakukanlah pencarian secara manual untuk menemukan sumbernya.

Bisa dengan bantuan pencarian di laptop maupun langsung di handphonenya. Hapus satu persatu file yang menjadi penyebab terjadinya bugs. Jika perlu Anda bisa melakukan flashing Realme C11 kembali untuk memastikan semuanya kembali seperti semula.

Melakukan flashing sendiri tentu memberikan kelebihan tersendiri. Namun, Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal lainnya yang mana menjadi pendukung suksesnya proses tersebut.

Cara flash Realme C11 yang dapat Anda gunakan sebagai referensi memang cukup mudah. Terlebih lagi apabila mengalami masalah pada handphone tersebut dan ingin memperbaikinya sendiri.