Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Oppo Reno 4 via SD Card (Tanpa PC)

Cara Flash Oppo Reno 4
Cara Flash Oppo Reno 4

Memiliki handphone Oppo Reno 4 seringkali membutuhkan perawatan seperti perbaikan saat mengalami kerusakan seperti bug atau bootloop. Oleh sebab itu, ketahuilah cara flash Oppo Reno 4 yang bisa membantu Anda memperbaiki hal-hal tersebut dengan mudah dan cepat.

Cara Flash Oppo Reno 4 melalui Recovery Mode

Flash merupakan salah satu cara terakhir untuk memperbaiki segala keadaan handphone yang mana mengharuskan penggunanya membawa ke counter ponsel. Namun, ternyata Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut langkah-langkah proses flashing khususnya Oppo Reno 4:

1. Memastikan daya baterai handphone lebih dari 50% atau lebih baik penuh.

2. Gunakan komputer atau laptop Anda untuk mengunduh firmware Oppo Reno 4 yang terbaru.

3. Hubungkan smartphone Oppo Reno 4 Anda ke laptop atau komputer dengan kabel USB.

4. Pindahkan file firmware ke dokumen internal handphone Oppo Reno 4, Bisa juga dipindahkan ke memori external Anda.

5. Jika sudah selesai memindahkan file maka putuskan hubungan smartphone dan laptop atau komputer.

6. Matikan smartphone Oppo Reno 4 Anda dengan menekan Power.

7. Setelah mati, maka hidupkan kembali dengan tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.

8. Tunggu hingga muncul dialog box berisi pilihan bahasa yang digunakan.

9. Pilih bahasa sesuai keinginan Anda.

10. Handphone Oppo Reno 4 akan memasukan Recovery Mode.

11. Pilih opsi Install from Storage Device.

12. Cari firmware yang sudah dipindah tadi.

13. Muncul dialog box konfirmasi melakukan flash, Pilih opsi Yes atau Ya untuk meneruskan proses flashing.

14. Smartphone Oppo Reno 4 Anda akan melakukan reboot secara otomatis sebagai tanda proses sedang berlangsung.

15. Tunggu hingga proses flash selesai.

16. Muncul dialog box menyatakan bahwa proses sudah selesai dan sukses.

17. Pilihlah opsi Reboot untuk mematikan handphone Anda sementara.

18. Tunggu hingga handphone Oppo Reno 4 Anda hidup kembali dan sudah siap untuk digunakan kembali.

Alasan Melakukan Flashing Oppo Reno 4

Melakukan flash pada handphone tentu saja karena terjadi suatu hal yang mana mengganggu fungsi utama ponsel Anda. Seringkali disebabkan oleh kerusakan dari bagian softwarenya. Berikut alasan seseorang memilih flashing sebagai solusinya:

1. Terjadi Bootloop

Bootloop merupakan masalah tersering yang dialami oleh berbagai pengguna handphone. Cirinya yaitu ponsel tidak bisa hidup dan hanya menampilkan logo operating sistemnya saja. Hal ini menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses ponselnya sendiri.

Cara mengatasi bootloop Oppo Reno 4 ini ialah dengan melakukan flash. Hal ini karena proses tersebut akan mengembalikan fungsi ponsel seperti semula sehingga pengguna bisa menggunakan handphone kembali dengan keadaan sama layaknya pertama kali penggunaan.

2. Terjadi Bug

Bug seringkali membuat pengguna merasa terganggu dimana akarnya ternyata ialah adanya kesalahan dari aplikasi yang digunakan. Bisa juga karena belum melakukan update. Jika sudah memperbarui namun tetap saja terjadi hal tersebut maka sebaiknya di flash saja.

Flash menjadi cara teraman untuk mengatasi bug pada smartphone Oppo Reno 4 Anda. Namun, sebelumnya pastikan sudah melakukan backup atau pencadangan terhadap berbagai file di dalamnya supaya tidak ikut terhapus.

3. Lupa Kata Sandi

Kata sandi dapat membantu Anda menjaga keamanan, privasi, serta data-data dalam handphone. Selain itu, mencegah pula digunakan secara sembarangan oleh pihak tidak bertanggung jawab apabila terjadi kehilangan.

Namun, kata sandi juga menjadi salah satu penyebab seseorang harus mengetahui cara flash Oppo Reno 4 karena menyebabkan tidak bisa mengaksesnya. Hal ini karena lupa atau salah memasukkan kombinasi angka maupun polanya.

4. Meningkatkan Performa Handphone

Selain untuk mengatasi masalah seperti bug, bootloop, hingga lupa kata sandi, melakukan flash juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa handphone. Hal ini seringkali dilakukan apabila merasa kecepatan penggunaannya mulai menurun.

Selain melakukan pembaruan, flashing Oppo Reno 4 juga bisa memperbaiki performa handphone Anda. Pastikan untuk menggunakan firmware Oppo Reno 4 terbaru sesuai dengan ukuran ROM yang dimiliki. Setelah proses selesai, maka ponsel Oppo Reno 4 seperti baru lagi.

5. Mengembalikan ke Pengaturan Awal

Terkadang seseorang ingin mengubah pengaturan seperti semula. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mereset ulang ke mode factory mode. Namun, hanya berfungsi untuk mengembalikan sesuai aturan awal dan tidak meningkatkan performanya.

Biasanya hal ini dilakukan jika ingin menjual handphone supaya performanya seperti baru. Dengan melakukan flashing, tidak hanya tampilan saja yang baru seperti semula namun juga memberikan tambahan kecepatan cara kerjanya.

Melakukan flash pada handphone Oppo Reno 4 bisa mempermudah Anda dalam mengatasi berbagai masalah seperti bug dan bootloop. Dimana keduanya bisa terjadi kapan saja sehingga sebaiknya mengetahui cara memperbaikinya.

Aplikasikan cara flash Oppo Reno 4 yang mana bisa Anda praktekkan jika mengalami masalah seperti bug atau bootloop. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperbaiki handphonenya sendiri.