Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Oppo A12 via Recovery Mode (Tanpa PC)

Cara Flash Oppo A12
Cara Flash Oppo A12

Saat handphone Oppo A12 mengalami bug hingga bootloop tentu memerlukan penanganan supaya bisa digunakan kembali. Apabila Anda mengetahui langkahnya pasti bisa melakukannya tanpa harus membawanya ke counter. Oleh sebab itu, pelajarilah cara flash Oppo A12 berikut ini!

Cara Flash Oppo A12 menggunakan SD Card

Jika terjadi kerusakan pada smartphone Oppo A12 milik Anda terutama yang berhubungan dengan performanya tentu bisa diperbaiki dengan melakukan flash. Caranya cukup mudah dan cepat. Berikut informasi mengenai langkah-langkahnya:

1. Memastikan daya baterai lebih dari 50% atau penuh.

2. Mematikan smartphone Oppo A12.

3. Download firmware Oppo A12 dibawah ini dan pilih yang terbaru.

4. Pindahkan file firmware ke memori external Anda.

5. Masukkan memori external ke handphone Oppo A12 Anda.

6. Nyalakan handphone dengan menekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai muncul logo Oppo.

7. Tunggu hingga muncul dialog box berisi pilihan bahasa, pilihlah sesuai keinginan.

8. Handphone akan masuk ke menu ColorOS Recovery.

9. Pilih opsi Install from storage device.

10. Pilih opsi From SD Card.

11. Cari dan pilihlah file firmware yang sudah didownload dan dipindah ke SD card.

12. Muncul dialog box berisi konfirmasi mulai melakukan flash, Pilih opsi Yes atau Ya untuk melanjutkan.

13. Tunggu hingga proses flashing Oppo A12 berjalan dan selesai.

14. Muncul dialog box menyatakan proses selesai atau sukses.

15. Jika sudah selesai maka handphone Oppo A12 Anda bisa memilih menu Reboot.

16. Tunggu proses Reboot selesai dan handphone Oppo A12 Anda sudah bisa digunakan kembali.

Keuntungan Melakukan Flash Oppo A12 Sendiri

Melakukan flash pada handphone ternyata tidaklah susah. Hanya membutuhkan laptop atau komputer, kabel USB, serta firmware pendukungnya saja. Tentu saja hal tersebut memberikan banyak keuntungan dan berikut informasi mengenai hal tersebut:

1. Menghemat Biaya Reparasi

Melakukan flash sendiri tentu saja akan menghemat pengeluaran Anda untuk mereparasinya ke counter ponsel tertentu. Seringkali harus membayar jasa mulai dari Rp. 50.000,- dimana hal tersebut belum termasuk bensin atau ongkos perjalanannya.

Apabila bisa melakukannya sendiri tentu lebih murah bahkan gratis. Terlebih jika bisa mengunduh file firmware menggunakan jaringan internet di rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun bahkan bisa melakukannya dengan tiduran saja.

2. Aman Dilakukan Siapa Saja

Proses cara flash Oppo A12 ini mudah dan cepat sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja asal sudah memahami langkah-langkah pengoperasian handphone dengan baik. Hal ini berkaitan pula dengan kegiatan pengunduhan firmware yang mana menjadi komponen utamanya.

Namun, secara keseluruhan, proses flash ini dapat dilakukan oleh siapa saja sehingga tidak perlu mendatangi teknisi untuk mereparasi ponsel Anda. Terlebih lagi jika masalahnya karena bugs, bootloop bahkan lupa kata sandi.

3. Proses Lebih Cepat

Proses melakukan flash akan lebih cepat jika Anda sudah mengetahui caranya. Hal ini karena tidak perlu menuju ke counter ponsel serta menunggu hingga selesai. Pelajarilah langkah melakukannya dengan mencari informasi di internet menggunakan handphone lainnya.

Proses lebih cepat berarti juga tidak perlu menuju ke tempat tertentu namun hanya mengunduh firmware Oppo A12 saja. Apabila sudah selesai maka bisa segera melakukan flash sambil melakukan hal lainnya saat sedang berlangsung.

4. Bisa Melakukannya Kapan Saja

Terjadinya bug atau bootloop bisa kapan saja bahkan saat malam hari. Hal ini tentu saja menyebabkan Anda tidak mungkin membawanya ke counter yang biasanya sudah tutup. Untuk itu, sebaiknya mengetahui cara mereparasinya sendiri supaya bisa digunakan kembali.

Tak hanya itu, apabila tempat Anda jauh dari counter ponsel, tidak perlu khawatir jika suatu saat handphone mengalami kerusakan bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat reparasi.

5. Bisa Mengatasi Masalah Sendiri

Memahami cara melakukan flash handphone Oppo A12 tentu bisa membantu Anda memecahkan atau mengatasi masalah sendiri tanpa harus membawanya ke konter ponsel. Hal in karena langkahnya sangat mudah dan praktis.

Berbagai masalah seperti bootloop, lupa kata sandi, hingga terjadi bug bisa Anda atasi sendiri. Bahkan, dapat pula membantu orang lain jika mengalami hal serupa tanpa bingung harus mendatangi counter ponsel untuk memperbaikinya.

Mampu memperbaiki masalah pada ponsel tentu saja memberikan banyak manfaat untuk penggunanya. Oleh sebab itu, rajinlah membaca pengetahuan mengenai cara flash atau perbaikan pada smartphone yang Anda miliki agar bisa melakukan reparasi sendiri.

Cara flash Oppo A12 memang cukup efektif dan dapat Anda gunakan sebagai referensi jika mengalami kerusakan berjenis bug, bootloop, hingga lupa sandi. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai ide usaha perbaikan ponsel.