Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Evercoss S45B (Xtream 2) via SPD Tool

Cara Flash Evercoss S45B
Cara Flash Evercoss S45B

Kerusakan handphone Evercoss S45B seringkali membuat penggunanya bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Solusi yang dilakukan ialah dengan membawanya ke counter atau tukang reparasi ponsel. Namun, sebenarnya Anda bisa mempelajari cara flash Evercoss S45B (Xtream 2) dengan mudah.

Penyebab Melakukan Flash pada Evercoss S45B

Beberapa penyebab orang-orang mereparasi pada handphone Evercoss S45B ialah karena tiba-tiba mengalami kemacetan hingga mati total. Hal ini tentu membuat khawatir sehingga ingin segera memperbaikinya. Berikut alasan tersering seseorang melakukan flash:

1. Handphone Mengalami Bug

Bug merupakan kondisi dimana handphone sering mengalami kemacetan terutama saat sedang digunakan pada aplikasi tertentu. Penyebabnya bermacam-macam sehingga terkadang pengguna tidak mengetahui akarnya dimana.

Terjadinya bugs atau kemacetan pada handphone tentu sangat mengganggu. Terlebih apabila sedang asyik menggunakan atau sedang dalam kondisi terburu-buru saat mengoperasikannya. Oleh sebab itu, jika sudah terjadi hal tersebut maka flashing menjadi solusinya.

2. Lupa Kata Sandi

Untuk menjaga keamanan dari handphone dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan oleh orang tidak bertanggung jawab maka salah satu caranya ialah dengan memberikan kata sandi. Baik berupa kombinasi angka maupun pola tertentu.

Namun, seringkali terjadi kesalahan misal salah memencet angka atau membuat pola sebanyak lebih dari 3 hingga berkali-kali bisa membuat handphone tidak dapat diakses. Oleh sebab itu, salah satu cara termudahnya ialah dengan melakukan flash.

Tools dan File Pendukung Flashing Evercoss S45B

Apabila ingin melakukan flash sendiri pada handphone Evercoss S45B pastikan sudah memiliki software dan file pendukungnya. Tak hanya itu, Anda juga harus memiliki komputer atau laptop beserta kabel USB sebagai perangkatnya. Berikut informasi singkat mengenai hal tersebut:

Untuk melakukan cara flash Evercoss S45B secara mandiri seperti cara di atas, Anda harus memiliki software bernama UpgradeDownloadTool. Bisa mencari dan mengunduhnya melalui internet dengan mengetikkan kata kuncinya di mesin pencarian.

Tools ini merupakan yang utama karena segala proses flashing akan dilakukan melaluinya. Maka dari itu, saat melakukan pengunduhan pastikan memilih versi terbaru agar performanya baik. Selain itu, pastikan pula jaringan internet stabil agar hasil unduhan tidak corrupt atau rusak.

Driver coding atau SPD USB Driver merupakan aplikasi atau software perantara yang membantu komputer atau laptop Anda untuk membaca kode-kode tertentu. Hal ini berupa interface dimana memudahkan sistem operasi perangkat lunak mengakses atau menggunakan hardware.

Dalam kasus flash Evercoss S45B Xtream 2 ini, driver bekerja supaya bisa membaca file firmware smartphone tersebut. Tak hanya itu, akan membantu pula menyambungkan handphone ke laptop atau komputer terutama saat proses masih berlangsung.

Firmware Evercoss S45B merupakan bagian terpenting lainnya yang harus ada jika ingin melakukan flash secara mandiri. Hal ini karena file tersebut menjadi sumber data utama dimana menjadi pengganti dari sebelumnya di handphone.

Unduhlah firmware Evercoss S45B di internet menggunakan jaringan yang stabil supaya hasil download tidak corrupt. Kemudian, jangan lupa untuk mengekstrak terlebih dahulu menggunakan Winrar agar menjadi bentuk folder biasa dan bisa digunakan.

Untuk 3 bahan flashing Evercoss S45B (Xtream 2) tersebut Anda bisa mengunduhnya dibawah ini:

Cara Flash Evercoss S45B dengan SPD Tools

Flashing pada handphone khususnya Evercoss S45B tentu menjadi salah satu solusi tercepat ketika mengalami kemacetan. Ternyata selain membawanya ke counter ponsel terdekat Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan komputer atau laptop. Berikut langkah mudahnya:

1. Pastikan daya baterai handphone Evercoss S45B di atas 50% atau penuh.

2. Ekstrak semua file Firmware Evercoss S45B, UpgradeDownloadTool, dan SPD Driver tersebut menggunakan Winrar.

3. Install software UpgradeDownloadTool di laptop atau komputer Anda.

4. Install SPD USB Driver dengan benar di laptop atau komputer.

5. Buka software UpgradeDownloadTool, Klik opsi Run jika ada dialog box berisi Peringatan Keamanan.

6. Jika sudah terbuka, klik opsi Load Packet.

Cara Flash Evercoss S45B

7. Tambahkan file Firmware Evercoss S45B yang sudah terdownload tadi.

8. Nonaktifkan smartphone Evercoss S45B Anda terlebih dahulu.

9. Tekan dan tahan tombol Volume Down + Volume Up sambil sambungkan handphone ke laptop atau komputer dengan kabel USB.

10. Klik Start Downloading pada software UpgradeDownloadTool.

Cara Flash Evercoss S45B

11. Tunggu hingga proses flashing selesai.

12. Jika sudah selesai akan muncul dialog box bertuliskan Finish.

13. Smartphone Evercoss S45B Anda akan melakukan Reboot mandiri, jika tidak nyalakan dengan tombol power.

14. Tunggu hingga proses Reboot selesai.

15. Putuskan hubungan smartphone dari laptop atau komputer Anda dengan melepas USB.

16. Proses flash Evercoss Xtream 2 sudah selesai dan handphone seperti baru lagi.

Mengalami berbagai kerusakan pada handphone sering kali membuat orang-orang bingung bagaimana cara memperbaikinya dan bergegas ke counter sebagai solusinya. Namun, saat ini Anda bisa melakukannya sendiri di rumah berbekal komputer atau laptop serta kabel USB saja. Dengan kata lain, cara flash Evercoss S45B dapat Anda praktekkan di rumah.