Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error Windows Explorer Has Stopped Working

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working
Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Untuk pengguna windows, permasalahan ini sudah umum terjadi. Cara mengatasi windows explorer has stopped working tidaklah sulit, ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan. Simak ulasan berikut, ya!

Windows merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh Microsoft Corporation yang telah digunakan lebihdari 900 juta user di seluruh dunia. Pada pertengahan 2019 lalu, generasi terbaru dari windows berhasil di rilis, yakni windows 10, dan berhasil menguasai pemasaran sistem operasi.

Sistem operasi Windows menawarkan banyak kemudahan bagi pengguna, salah satunya dengan menghadirkan User Interface berbasis GUI. Maka tak heran apabila banyak masyarakat yang menggunakan sistem operasi ini.

Dibandingkan dengan sistem operasi non-windows, yakni macOS milik Apple Inc. Sistem operasi windows lebih di unggul terutama dari segi tampilan (UI), sistem operasi milik Microsoft Corporation ini memang memiliki tampilan yang tiada tandingannya.

Windows Explorer merupakan salah satu fitur unggul yang ditawarkan windows, fitur ini berfungsi sebagai user interface yang hadir dengan tujuan memberi kemudahan bagi pengguna dalam mengeksplor segala program yang tersedia pada sistem operasi ini.

Pernahkah Anda merasa was-was ketika hendak menjalankan aplikasi baru? Anda merasa cemas, apakah sistem operasi akan support pada program yang akan dijalankan tersebut. Sebagai pengguna windows, Anda tak perlu mencemaskan hal ini.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh windows adalah di support dengan banyak aplikasi kompatibel, sehingga Anda hanya perlu menginstal dan menjalankan aplikasi tersebut.

Namun, adakalanya terjadi masalah pada windows explorer di perangkat Anda, seperti munculnya pesan windows explorer has stopped working. Jika sudah seperti ini tentunya Anda tidak bisa menjalankan perangkat sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Karena beberapa program yang berjalan sesuai dengan Windows Explorer tidak memungkinkan untuk di akses. Untuk melakukan perbaikan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa yang menyebabkan permasalahan ini muncul.

Ada beberapa penyebab windows berhenti atau error. Bisa saja perangkat Anda di serang oleh virus, atau terdapat corrupt pada windows system file, dan kesalahan ketika Anda mencoba menjalankan aplikasi baru dari internet.

Jika permasalahan Windows Anda disebabkan oleh aplikasi yang baru saja di unduh, maka Anda dapat menghentikan aplikasi tersebut dengan meng-uninstall dari perangkat Anda. Jika tidak, maka cara mengatasi windows explorer has stopped working berikut dapat Anda terapkan.

a. Lakukan Pemulihan File Sistem yang Corrupt

Metode pertama adalah dengan memeriksa apakah terdapat file rusak di perangkat Anda. Caranya cukup mudah.
  1. Pada kolom pencarian, ketikkan perintah CMD (Command Prompt), jalankan perintah dengan menggunakan Run as Administrator
    Windows Explorer Has Stopped Working

  2. Program CMD telah Anda jalankan. Untuk melakukan proses pemindaian, ketikkan perintah sfc/scannow lalu tekan enter. Proses pemindaian untuk memperbaiki file hilang atau rusak pada perangkat Anda tengah berlangsung, proses pemindaian ini memakan waktu beberapa menit dan, tunggu sampai selesai. 
    Windows Explorer Has Stopped Working
  3. Jika cara diatas tidak berhasil. maka Anda dapat menjalankan perintah dibawah ini. 
    • DISM.exe /Online /Cleanup-image /Scanhealth
    • DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth 
      Windows Explorer Has Stopped Working
Jika sudah selesai, Anda dapat menutup CMD. Silahkan restart perangkat untuk melihat apakah pesan windows explorer has stopped working masih muncul atau tidak.

b. Restart Windows Explorer

Jika biasanya Anda menghapus lalu menginstal kembali aplikasi yang bermasalah, maka langkah ini juga bisa Anda terapkan pada windows explorer. Anda bisa menutupnya lalu mengaktifkannya kembali.
Metode ini juga bisa Anda lakukan apabila terjadi masalah pada windows explorer. Jika Anda menggunakan sistem operasi windows 7, maka cara di bawah ini akan sedikit berbeda.

Cara restart windows explorer pada windows 10

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard untuk membuka Task Manager. Jendela task manager akan memberitahukan kepada Anda, aplikasi apa saja yang sedang dijalankan. 
    Windows Explorer Has Stopped Working
  2. Selanjutnya Anda pilih Windows Explorer, lalu klik kanan lalu pilih End task. Tampilan desktop windows Anda akan mengalami sedikit perubahan. 
    Windows Explorer Has Stopped Working
  3. Kemudian pindah ke menu File > Run new task untuk menjalankan kembali Windows Explorer. 
    Windows Explorer Has Stopped Working
  4. Ketikkan explorer lalu pilih OK. Tampilan yang bertuliskan Windows Explorer has stopped working tidak akan muncul lagi. 
    Windows Explorer Has Stopped Working

c. Repair File Sistem dengan Chkdsk

  1. Jalankan (CMD) Command Prompt dengan Run as administrator
    Windows Explorer Has Stopped Working
  2. Selanjutnya jalankan perintah chkdsk /r /f 
    Windows Explorer Has Stopped Working

  3. Proses pengecekan dan perbaikan akan berjalan setelah Anda merestart laptop atau komputer Anda. Maka dari itu, ketikkan Y lalu tekan Enter
    Windows Explorer Has Stopped Working

  4. Tutup jendela command prompt (CMD) kemudian restart laptop atau komputer Anda dengan cara klik kanan ikon Windows selanjutnya pilih Shut down or sign out lalu pilih Restart
    Windows Explorer Has Stopped Working

  5. Tunggu proses pengecekan dan perbaikan sampai selesai. 
    Windows Explorer Has Stopped Working

  6. Windows akan melakukan update sehingga file sistem Windows Anda akan tetap up to date. 
    Windows Explorer Has Stopped Working

  7. Kemudian Anda akan masuk ke tampilan desktop dan masalah Windows Explorer has stopped working tidak akan muncul lagi.
Permasalahan pada windows explore Anda bisa saja di akibatkan oleh virus. virus malware ini bisa menyerang kapanpun tanpa ketahui, ketika virus malware ini menyerang sistem operasi maka itu bisa mengakibatkan masalah seperti Windows has stopped working, sehingga komputer atau laptop Anda tidak akan berjalan normal seperti biasanya.

Maka dari itu dianjurkan untuk selalu memindai/menscanning melalui aplikasi Anti Virus yang digunakan pada komputer atau laptop Anda. Kapasitas harddisk yang kian menipis juga bisa menyebabkan permasalahan pada windows ini muncul, khususnya pada penyimpanan drive C. Drive penyimpanan C ini berkaitan langsung dengan file-file sistem yang berjalan di perangkat Anda.

Jika permasalahan bersumber pada hal ini dan bed sector mengenai sistem, maka tak perlu heran apabila sistem operasi windows di perangkat Anda mengalami penurunan performa serta error pada fungsi tertentu.

Hasil yang di dapatkan bisa saja berbeda pada setiap orang. Untuk itu, Anda bisa mencoba satu persatu cara mengatasi windows explorer has stopped working di atas agar mendapatkan hasil yang terbaik. Selamat mencoba!