Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Vivo Y30 via Recovery Tanpa PC

Cara Flash Vivo Y30
Cara Flash Vivo Y30

Jika Anda memiliki smartphone Vivo yang sering mengalami kendala-kendala yang meresahkan seperti error, bootloop, dan tidak meresponnya aplikasi yang ada pada perangkat, dan masih banyak lagi masalah lainnya, maka Anda bisa melakukan flashing. Cara Flash Vivo Y30 ini sendiri merupakan sebuah metode pembaharuan software dan perbaikan pada perangkat yang Anda miliki.

Bila kendala-kendala seperti yang telah disebutkan di atas sering Anda alami. Maka Anda bisa melakukan pembaharuan software perangkat Anda sendiri dengan mudah, bahkan ketika Anda sedang berada di rumah saja. Anda tidak perlu khawatir dan langsung membawa smartphone Anda pada tempat service ataupun tempat perbaikan seperti konter-konter hp.

Bila Anda ingin melakukan pembaharuan software pada perangkat Anda atau flashing maka Anda harus mengetahui bahwa terdapat 2 cara yang bisa Anda lakukan. Yakni dengan cara melakukan flash menggunakan windows PC ataupun laptop dan cara kedua dengan hanya melakukan update OTA dengan menggunakan firmware Vivo Y30 Official. Tetapi hal ini tergantung dari pengerjaan yang dibutuhkan smartphone Vivo Y30 Anda.

Mungkin memang benar bahwa meperbaiki smartphone Anda dengan Cara Flashing Vivo Y30 pada artikel ini dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai kendala pada ponsel Anda. Namun Anda juga harus paham sebagai pengguna smartphone, Anda harus melakukan pembaharuan versi dari software perangkat Anda maupun pembaharuan aplikasi-aplikasi yang Anda miliki.

Sebab aplikasi-aplikasi yang tidak diperbaharui malah akan merusak sistem dan memperlambat kinerja dari smartphone Vivo Y30 Anda. Sebab jenis perangkat ini selalu melakukan pembaharuan sistem secara otomatis untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja dari ponsel Anda sehingga daripada memperbaiki, lebih baik menjaga agar tidak mengalami kerusakan dan kendala-kendala yang dapat disebabkan oleh hal sepele ini.

Namun apabila perangkat Anda sudah terlanjur mengalami kendala seperti hang, aplikasi tidak merespon, eror, bootloop maka sebaiknya Anda melakukan flashing. Baik itu flash manual ataupun otomatis. Flash manual dilakukan dengan cara mengunduh firmware terlebih dahulu, lebih mudah untuk Anda lakukan serta lebih aman. Tetapi apabila Flash Vivo Y30 dengan menggunakan Tool, maka Anda harus melakukan pencadangan terlebih dahulu.

Sebab apabila melakukan flash sendiri akan lebih rentang untuk kehilangan data yang Anda miliki, sehingga Anda harus melakukan pencadangan data terlebih dahulu, baik itu pada perangkat lain ataupun pada google drive yang Anda miliki. Tetapi sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan flashing maka Anda bisa mencoba dua cara awal yang dapat dilakukan dengan mudah.

Yang pertama adalah Anda bisa melakukan penghapusan cache pada perangkat Anda. Hal ini dengan tujuan agar ruang pada smartphone Anda lebih banyak, sehingga tidak akan menyebabkan ponsel Anda menjadi macet dan meningkatkan performa dari ponsel Anda tersebut.

Cara kedua yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan Cara Flash Vivo Y30 berikut ini adalah Anda bisa melakukan pengembalian perangkat ke pengaturan pabrik. Cara ini dapat membantu Anda mengatasi masalah lupa sandi, ataupun lupa pola pada perangkat Anda. Serta bisa dengan mudah mengatasi masalah kemacetan pada ponsel.

Namun apabila kedua cara tersebut tidak berhasil maka Anda harus memutuskan untuk melakukan flashing sendiri. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan dengan teliti dan tepat agar tidak terjadi kesalahan.

Cara Flash Vivo Y30 via Recovery Mode

1. Pastikan bahwa perangkat Vivo Y30 Anda memiliki daya minimal sebesar 50%.

2. Setelah itu Anda harus unduh file firmware Vivo Y30 Official dengan versi yang paling baru.

Firmware Vivo Y30 PD1987F_EX_A_1.11.12-update-full_1592555990.zip

3. Selanjutnya pindahkan atau salin file firmware zip yang telah Anda unduh ke kartu SD smartphone Vivo Anda, tanpa harus melakukan ekstrak filenya.

4. Setelah itu matikan ponsel Anda, kemudian tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Up secara bersamaan beberapa detik sampai muncul logo Vivo yang kemudian terarah masuk ke Mode Fastboot

Cara Flash Vivo Y30

5. Apabila telah terbuka jendela baru, maka pilih Recovery Mode dengan menekan tombol Volume Down dan memilih dengan menekan tombol Power. kemudian dimenu Vivo Recovery pilihlah Instal Update.

6. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk memilih file firmware Vivo Y30 yang telah diunduh tadi kemudian tekan install pada lokasi yang sudah Anda tentukan.

7. Langkah terakhir ponsel Anda akan reboot secara otomatis dan mulai melakukan pembaharuan perangkat lunak. Proses ini akan membutuhkan waktu yang lumayan lama sampai akhirnya muncul tanda proses selesai. Setelah proses selesai anda dapat memilih Reboot System.

Hanya dengan 7 langkah Flash Vivo Y30 tersebut maka perangkat Anda telah melakukan pembaharuan software, sehingga perangkat Anda akan berjalan lancar dan terbebas dari kendala-kendala yang meresahkan. 

Apabila di lain kesempatan, Anda mengalami kendala yang sama pada perangkat Anda. Maka Anda bisa kembali melakukan flashing sendiri tanpa harus menuju orang ahli untuk memperbaiki ponsel Anda. Yang terpenting adalah Anda paham dan telah menguasai langkah kerja tersebut.

Itulah Cara Flash Vivo Y30 termudah yang dapat Anda lakukan secara mandiri, tanpa ada bantuan ahli yang menangani kendala yang ditimbulkan oleh ponsel Anda.