Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Oppo A53 via QFIL Tool

Cara Flash Oppo A53
Cara Flash Oppo A53

Oppo merupakan salah satu merk smartphone yang memiliki begitu banyak pengguna akibat fitur yang dimiliki, serta kamera yang terkenal sangat canggih. Tetapi dibalik kecanggihan yang dimiliki, jenis ponsel ini juga sering mengalami berbagai kendala seperti hang, aplikasi yang tidak merespon, kata sandi yang tereset sendiri, dan bahkan sering terjadi bootloop atau error yang tiba-tiba, nah di ulasan kali ini saya akan membahas Cara Flash Oppo A53 via QFIL Tool.

Masalah atau kendala-kendala tersebut dapat terjadihanya karena kesalahan kecil saja, sehingga sangatlah menjengkelkan bila kendala-kendala tersebut terjadi di waktu yang tidak tepat. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara mudah mengatasi kendala-kendala yang sering terjadi pada smartphone Oppo dengan tipe-tipe tertentu seperti A53.

Salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala pada smartphone dengan kerusakan ringan sampai berat adalah mengatasinya dengan cara melakukan flashing pada perangkat yang Anda miliki. Terlebih lagi jika Anda memilih smartphone Oppo A53 yang rentan mengalami kendala-kendala seperti stuck logo, maka Anda wajib mengetahui Flash Oppo A53. Sebab cara melakukannya juga sangatlah mudah dan gampang dipahami.

Berbagai kendala yang sering terjadi pada smartphone Oppo milik Anda, seperti hang, aplikasi tidak merespon dan lain sebagainya. Biasanya terjadi akibat aplikasi yang tidak dilakukan pembaharuan atau Anda tidak pernah mengupdate aplikasi pada perangkat Anda. Karena sejatinya aplikasi pada sebuah perangkat haruslah selalu dilakukan pembaharuan agar fungsi dari aplikasi tersebut juga meningkat.

Sebab walaupun Cara Flash Oppo A53 dapat mengatasi berbagai masalah pada perangkat Anda, tetapi Anda juga tetap harus melakukan pembaharuan pada aplikasi yang Anda miliki pada perangkat Anda. Sebab walaupun Anda telah melakukan flashing menggunakan firmware Oppo A53 Official terbaru, maka tetap saja berbagai kendala tetap akan muncul akibat versi aplikasi yang digunakan tidak terupdate.

Sebelum Anda melakukan flashing pada perangkat Anda dengan menggunakan panduan dari artikel ini, maka langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sebuah masalah adalah Anda bisa menghapus cache yang ada pada perangkat Anda. Hal ini akan memberikan kelonggaran ruang pada perangkat agar tidak terjadi hang kembali.

Selain menghapus cache, maka Anda juga bisa mencoba cara cepat kedua untuk mengatasi kendala-kendala yang sering muncul pada hp Oppo. Cara tersebut yakni mengembalikan ponsel ke versi pabrik. Cara ini tergolong mudah sebab Anda hanya perlu masuk ke pengaturan Oppo kemudian pilih recovery perangkat ke versi asli. Banyak yang telah menggunakan cara ini dan terbukti berhasil.

Sehingga sebelum Anda menerapkan Flash Oppo A53 ini, Anda dapat mencoba mengembalikannya ke versi pabrik terlebih dahulu. Sebab cara ini juga dapat mengatasi berbagai kendala, apalagi untuk mengatasi lupa kata sandi atau pola yang telah Anda buat. Mereset data pabrik dapat membantu Anda untuk menghapus seluruh data termasuk sandi yang Anda gunakan, serta dapat membantu Anda dalam masalah stuck logo.

Namun apabila cara-cara tersebut tidak memberikan sebuah hasil yang Anda inginkan, maka Anda bisa langsung mencoba melakukan flashing sendiri di rumah. Akan tetapi Anda harus melakukan pencadangan data terlebih dahulu sebelum memulai proses pembaharuan software.

Cara Flash Oppo A53 menggunakan QFIL

Sebelum memulai proses perbaikan, maka Anda harus menyiapkan beberapa bahan berikut ini pada komputer atau laptop yang akan Anda gunakan untuk melakukan flashing.

Langkah-langkah flashing Oppo A53

1. Isi daya baterai ponsel minimal 50% sebelum memulai proses flashing.

2. Lakukan pengekstrakan semua file zip/rar yang telah diunduh kedalam satu folder agar lebih mudah. Serta pastikan bahwa QDLoader HS-USB Driver telah Anda instal pada PC, jika belum silahkan install terlebih dahulu.

3. Pastikan bahwa ponsel Anda benar-benar Off atau mati.

4. Lalu buka folder QFIL (Qualcomm Flash Image Loader) kemudian klik kanan dan pilih "Run as Administrator" aplikasi. Setelah terbuka, pada bagian "Select Build Type" pilih "Flat Build".

5. Hubungkan kabel USB ke port PC Anda. Lalu tambahkan file firmware Oppo A53 dengan cara pilih tombol "Browse" pada kolom "Select Programmer". Cari dan pilih file dengan nama (prog_emmc_firehose_8953_ddr.mbn).

Cara Flash Oppo A53

6. Langkah berikutnya menambahkan file ke dalam kolom "Select Flat Build" dengan cara klik "Load XML". tambahkan file seperti "rawprogram0" dan pilih lagi "patch0", kemudian klik "Open".

Cara Flash Oppo A53

7. Pastikan kembali smartphone Anda dalam keadaan mati, kemudian tekan dan tahan tombol "Volume (-)" atau "Volume (+)" secara bersamaan sambil menyambungkannya pada USB kabel yang juga tersambung ke PC.

8. Kemudian cek pada "Device Manager > Ports (COM & LPT)". Anda harus memastikan bahwa device akan melakukan deteksi dengan muncul "Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (com-)".

9. Langkah selanjutnya Anda harus menekan "Download" pada QFIL Tool. Maka proses Flash Oppo A53 akan berlangsung dan membutuhkan beberapa menit waktu hingga menampilkan keterangan "Download Succsess".

10. Apabila proses flash telah selesai maka Anda bisa melepaskan kabel USB dan menyalakan perangkat ponsel Anda dengan menekan "Power".

Itulah Cara Flash Oppo A53 yang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi berbagai kendala yang dapat terjadi pada ponsel Anda.