Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error Windows Script Host Access is Disabled on this Machine

Cara Mengatasi  Windows Script Host Access is Disabled on this Machine
Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on this Machine

Windows Script Host merupakan sistem bawaan dari Microsoft Windows yang fungsinya sebagai pembaca script pada perangkat komputer atau laptop. Apabila WSH ini dalam keadaan mati biasanya pesan Windows script host access is disabled on this machine akan muncul. Lakukan Cara mengatasi windows script host access is disabled berikut sebagai langkah perbaikan.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

Masalah ini memang umum terjadi, terutama pada perangkat komputer atau laptop yang terpasang anti virus Smadav di dalamnya. Anti virus Smadav ini memiliki fitur khusus yang mematikan Windows Script Host pada komputer secara otomatis.

Fitur ini keamanan ini memanglah menguntungkan bagi pengguna, mengingat Windows sangat rentan terhadap serangan virus maupun malware. Fitur Smadav ini hadir sebagai perlindungan dari virus yang berbentuk script sehingga tidak akan menghambat kinerja perangkat komputer Anda.

Terkadang sistem keamanan Smadav ini bentrok dengan aplikasi tertentu yang perlu menjalankan script Java, ketika WSH dalam kondisi disable maka pesan error ini akan muncul, dan aplikasi tersebut tidak dapat di jalankan.

Biasanya masalah ini muncul ketika Anda ingin melakukan aktivasi pada Office maupun Windows menggunakan software aktivator. Proses aktivasi ini tak bisa dilanjutkan sebelum masalah script host access disable ini di bereskan.

A. Setting di SMADAV

Jika Anda adalah pengguna anti virus Smadav, maka cara mengatasi script host access is disabled berikut bisa Anda coba:

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled
  1. Terdapat ikon SMADAV segitiga kecil (tray) pada ujung kanan taksbar Windows Anda. Silahkan klik kanan pada ikon Smadav tersebut.
  2. Pilih Allow windows script & office-macro
  3. Muncul jendela pemberitahuan, pilih opsi Yes.
Ada dua pilihan disana, jika Anda ingin mengaktifkan Windows Script Host secara permanent, silahkan pilih opsi teratas (permanent). Jika tidak Anda dapat memilih opsi berikutnya (until restart), WSH hanya akan aktif sampai komputer Anda di matikan. Setelahnya WSH akan kembali disable.

Jika sudah Anda bisa mencoba menjalankan kembali aplikasi atau script yang sebelumnya error, dan lihat bagaimana hasilnya.

Saya bukan pengguna Smadav, bagaimana? Jika Anda bukan pengguna anti-virus Smadav, maka cara mengatasi windows script host access is disabled selanjutnya bisa dicoba.

B. Menggunakan Registry Editor

Apa itu Regedit atau Windows Registry Editor? Jadi, regedit merupakan database yang berguna untuk menyimpan pengaturan konfigurasi pada komputer. Hampir semua pengaturan konfigurasi Windows tersimpan disini, salah satunya Windows script host ini tadi.

Untuk melakukan perubahan pada pengaturan registry editor ini anda harus benar-benar paham mengenai langkah serta tujuannya, jangan sampai ada pengaturan penting di dalamnya yang terhapus sehingga menyebabkan masalah pada Windows.

Perhatikan dengan cermat cara mengatasi script host access is disabled melalui registry editor berikut:

1. Tekan tombol Windows + R.

2. Ketik Regedit, lalu Enter.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

3. Akan muncul tampilan berisi banyak folder, buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings.

4. Klik kanan pada Settings lalu pilih New, pilih DWORD (32) bit Value.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

5. Ketikkan Enabled pada bagian kolom nama. Double klik Enabled, ganti angka 0 menjadi 1 pada kolom Value Data, lalu tekan OK.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

6. Silahkan Restart perangkat komputer atau laptop Anda.

C. Menggunakan System Configuration

Solusi script host access is disabled berikutnya bisa dilakukan melalui system configuration. Caranya cukup mudah, perhatikan langkah-langkah dibawah ini.
  1. Tekan tombol keyboard Windows + R.
  2. Ketik msconfig, lalu enter.
  3. Buka tab General.
  4. Hilangkan centang pada check box Load Startup Items.
  5. Buka tab Service.
  6. Centang pada check box Hide all Microsoft service.
  7. Klik Disable All lalu klik Apply dan Ok.
Jika ketiga langkah di atas telah Anda coba dan tidak membuahkan hasil, silahkan lakukan langkah terakhir berikut ini.

D. Menggunakan Command Prompt

Solusi terakhir untuk perbaikan windows script host access is disabled ini bisa dilakukan dengan memasukkan script pada command prompt. Langkahnya cukup sederhana, perhatikan cara berikut:
  1. Ketik CMD pada kolom pencarian Windows.
  2. Setelah command prompt terbuka, ketik perintah REG DELETE “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings” /v Enabled /f, tekan Enter.
Jika sudah coba jalankan lagi script yang bermasalah sebelumnya, lihat apakah pesan windows script host access is disabled on this machine masih muncul atau tidak, jika pesan ini tak lagi muncul berarti Anda telah melakukan langkah perbaikan yang benar.

Masalah munculnya pesan script host acces is disabled pada sistem operasi Windows ini memang sudah biasa terjadi, cara perbaikannya juga mudah apabila Anda memahami dan menerapkan langkah di atas dengan teliti.

Demikianlah cara mengatasi windows script host access is disabled, semoga panduan ini bisa membantu Anda menyelesaikan permasalahan akibat Windows Script Host yang mati. Selamat mencoba!