Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error Windows Boot Manager Has Been Locked By The Current Security Policy

Cara Mengatasi Windows Boot Manager Has Been Locked By The Current Security Policy
Cara Mengatasi Windows Boot Manager Has Been Locked By The Current Security Policy

Permasalahan lain yang mungkin terjadi pada sistem operasi windows adalah windows boot manager. Singkatnya, boot manager adalah situasi dimana perangkat menampilkan halaman khusus yang mengharuskan user memilih sistem operasi terinstal untuk digunakan. Jangan khawatir, persoalan ini masih bisa di atasi. Silahkan simak cara mengatasi windows boot manager has been locked by the current security policy berikut.

Cara Mengatasi Windows Boot Manager Has Been Locked By The Current Security Policy

Sebenarnya, apa itu boot manager? Boot manager merupakan sistem bawaan dari sistem operasi windows yang memungkinkan user untuk melakukan dual boot bahkan multi boot. Dalam artian, dengan sistem ini pengguna dapat menggunakan dua sistem operasi berbeda dalam sebuah perangkat.

Misalkan Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 dan Linux Ubuntu pada satu perangkat. Pada saat Anda menginstal sistem operasi kedua, secara otomatis windows akan menampilkan tampilan manager boot yang memungkinkan Anda memilih sistem operasi mana yang hendak di pakai.

Dengan sistem boot manager ini, kita bisa juga menentukan proses booting akandilakukan via flashdisk, harddisk, CD Room atau pilihan lainnya. Untuk seorang Software Engineering hal ini sudah biasa mereka temukan sehari-hari.

Namun, hal ini bisa menjadi persoalan bagi seseorang yang tidak biasa berhubungan langsung dengan sistem komputer. Adakalanya windows tidak dapat membaca sistem yang hendak kita gunakan.

Misalkan perangkat Anda biasa menggunakan sistem operasi Windows 10, ketika proses booting berlangsung, ternyata opsi yang diberikan hanya merujuk pada Windows 7. Lalu bagaimana?

Inilah yang menjadi persoalannya. Secara otomatis perangkat Anda akan booting ke Windows 7, karena hanya opsi itu yang tersedia, padahal kita telah menginstal Windows 10 sebelumnya dan akan menggunakan sistem tersebut.

Ada perangkat tertentu yang tidak bisa di jalankan dengan sistem operasi Windows 7, perangkat ini hanya support dengan Windows 10, atau versi lain yang lebih unggul di banding Windows 7. Jika di paksa booting dengan Windows 7, perangkat tidak bisa bekerja optimal.

Masalah yang umum terjadi ketika sistem operasi tidak support, Anda tidak bisa menginstal driver pack. Singkatnya perangkat komputer Anda tak dapat digunakan.

Untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam permasalahan ini, cara mengatasi windows boot manager has been locked by the current security policy berikut bisa di coba.

A. Lakukan Setting Melalui BIOS

Cara mengatasi windows boot manager has been locked by the current security policy bisa juga Anda lakukan melalui menu BIOS, caranya cukup sederhana.

Untuk masuk ke menu BIOS, hidupkan perangkat Anda sambil menekan tombol Fn + F2 berulang kali sampai menu BIOS berhasil di tampilkan.

1. Pilih tab Boot.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-1

2. Pilih opsi Boot Mode. pada opsi ini, pilih Legacy Support.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-2

3. Setelah memilih opsi tersebut, akan muncul tampilan berisi opsi Boot Priority. Anda dapat memilih Legacy First. Opsi ini bertujuan agar proses booting yang dilakukan tidak menggunakan mode UEFI, melainkan mode Legacy.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-3

4. Jika sudah, Anda dapat beralih pada tab Exit, lalu tekan opsi Exit Saving Changes. Peraturan yang Anda ubah tadi akan tersimpan.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-4

5. Apabila muncul kolom konfirmasi, pilih Yes. Secara otomatis Anda akan keluar dari menu BIOS setelah menyelesaikan opsi tersebut.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-5

B. Reset BIOS Setting Menjadi Default

Cara mengatasi windows boot manager berikutnya denganmengubah setting BIOS menjadi default. Caranya tak jauh berbeda dengan langkah sebelumnya.

1. Silahkan masuk ke menu BIOS terlebih dahulu. Anda dapat beralih pada tab Exit, lalu tekan opsi Load Default Setting.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-6

2. Apabila muncul kolom berisikan warning Load Optimal Defaults, silahkan pilih Yes.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy-7

C. Setting MSConfig

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memperbaiki setting pada MSConfig. MSConfig merupakan sistem yang berisi segala macam pengaturan konfigurasi yang terdapat pada sistem operasi windows.

Mulai dari startup, service hingga booting, dan memungkinkan bagi user untuk mengatur setting ini sesuai dengan yang di perlukan. Untuk mematikan boot manager bisa kita lakukan dengan mengubah setting pada timeout, yang semula 30s menjadi 3s.

1. Tekan tombol keyboard windows + R. Jendela pencarian akan di tampilkan pada layar perangkat Anda.
Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy

2. Ketik MSConfig, Tekan OK.

3. Pilih tab Boot.

4. Pada kolom Timeout, ubah nilainya menjadi 3s.

Windows Boot Manager Has Been Blocked By The Current Security Policy

6. Klik Apply.

7. Kemudian klik OK.
Nilai timeout ini berfungsi sebagai pemberi waktu jeda agar Anda dapat masuk ke Windows Boot Manager saat proses booting berlangsung.

Demikianlah cara mengatasi windows boot manager has been locked by the current security policy yang dapat Anda coba apabila windows Anda mengalami hal ini. Semoga bermanfaat!