Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro Mudah Tanpa Ribet

Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro
Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Performa smartphone Android Xiaomi Redmi Note 5 Pro Anda mulai lemah? Atau mengalami masalah lupa password dan juga PIN handphone? Jangan khawatir, simak tata cara hard reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro dengan mudah berikut ini.

Apa Itu Fitur Hard Reset Pada Hp Xiaomi Note 5 Pro?

Hard reset termasuk salah satu fitur yang disematkan di menu Recovery Mode pada Android Xiaomi Redmi Note 5 Pro Anda. Adanya karakteristik tersebut bertujuan untuk mengembalikan fungsi atau daya guna smartphone ke pengaturan pabrik.

Adanya fitur hard reset pada hp Xiaomi Redmi Note 5 Pro tersebut, akan membantu Anda supaya lebih mudah mengatasi berbagai masalah yang terjadi di dalam perangkat Android. Misalnya, lemot, freeze, hang, lupa pola, lupa password ataupun PIN layar smartphone.

Masalah-masalah tersebut tentu bisa dengan mudah diatasi oleh adanya hard reset. Namun, sebelum Anda menggunakannnya, lakukan back up data-data atau file penting yang tersimpan di penyimpanan internal dan eksternal, sehingga data tersebut tidak akan hilang.

Selain mengamankan data-data, Anda juga harus mengisi daya batrei atau charge terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal di luar dugaan selam melakukan proses hard reset tersebut. Setelah selesai, lakukan beberapa tahapan selanjutnya.

Bagaimana Cara Melakukan Hard Riset Hp Xiaomi Redmi Note 5 Pro?

Tidak perlu repot mendatangi tukang service hp dengan biaya mahal, berikut ini beberapa panduan mengenai cara hard reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa ribet. Simak pemaparannya:

1. Langkah Pertama, Matikan Hp Xiaomi Redmi Note 5 Pro Terlebih Dahulu

Sebelum Anda melakukan hard reset, matikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi Redmi Note 5 Pro terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk proses recovery selanjutnya. Pastikan juga handphone dalam keadaan full batteray.

Proses hard reset membutuhkan waktu cukup lama. Oleh karena itu pengisian penuh pada daya baterai menjadi alasannya. Hal tersebut sebenarnya juga tergantung dari seberapa banyak sistem atau data yang harus dihapus atau diperbaiki ke kondisi pengaturan pabrik.

2. Langkah Kedua, Tekan dan Tahan Tombol Power + Volume Up

Ketika hendak masuk ke menu Recovery Mode, hal yang harus Anda lakukan adalah menekan dan menahan tombol power bersamaan dengan volume up. Tunggu hingga muncul logo MI dari perangkat Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Dalam proses hard reset smartphone Android Xiaomi Redmi Note 5 Pro, sesaat setelah menekan tombol power + volume up dan berhasil masuk pada menu Recovery Mode, Anda sudah bisa melakukan tahapan selanjutnya.

3. Langkah Ketiga, Pilih Bahasa

Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Saat masuk di menu Recovery Mode, Anda akan melihat tampilan pilihan bahasa. Pilihlah bahasa inggris untuk melanjutkan next process dalam kegiatan hard reset hp Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Ketika hendak memilih opsi bahasa tersebut ke dalam bahasa inggris, Anda bisa menggunakan atau menekan tombol volume up atau down dan untuk proses enter konfirmasi tekan tombol power.

4. Langkah Keempat, Pilihlah Wipe dan Reset

Setelah masuk ke menu Recovery Mode dan memilih bahasa inggris, sekarang Anda akan diarahkan pada pilihan wipe dan reset. Lakukan proses ini dengan memilih atau menekan tombol volume down. Lalu, tekan tombol power untuk opsi Ok.

Pilihlah Wipe All Data dan selanjutnya pada tahap ini Anda bisa pilih opsi Ok untuk enter konfirmasi. Confirm dengan memilih Yes. Tunggu sebentar lagi untuk menyelesaikan proses hard reset pada smartphone Android Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini.

5. Langkah Kelima, Tunggu Prosesnya dan Hard Reset Selesai

Kini tahap hard reset sudah hampir berakhir. Selanjutnya smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro akan memulai ke tahap formatting. Tunggu hingga selesai, proses ini memerlukan beberapa waktu yang tidak terlalu lama untuk menyelesaikannya.

Disaat proses sudah menunjukkan bahwa Wiped Successfully, maka selanjutnya adalah Anda bisa memilih opsi back. Setelah itu, pilihlah reboot. Smartphone akan berkedip dan sekarang hard reset hp Xiaomi Redmi Note 5 Pro sudah selesai dilakukan.

Apa Saja Manfaat yang Diperoleh Setelah Melakukan Hard Reset?

Melakukan hard reset pada hp Xiaomi Redmi Note 5 Pro memang dinilai memiliki berbagai resiko atau dampak yang cukup besar. Namun dibalik itu semua, ternyata juga menghasilkan beberapa manfaat dari proses tersebut. Apa saja itu?

a. Bisa Menghapus Virus atau Malware

Sesuai dengan alasan menggunakan fitur hard reset, maka setelah Anda melakukan proses ini, bisa terbukti bahwa virus atau malware dalam smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Bahkanakan benar-benar hilang dan juga bersih.

Segala jenis virus ataupun malware yang bersarang di dalam smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro, akan ikut terhapus ketika proses hard reset berlangsung. Anda akan merasakan keamanan dan juga kenyamanan ketika menggunakannya kembali.

b. Akan Memperbaiki Performa Menjadi Lebih Lancar

Beberapa pengaturan pabrik yang sudah Anda ubah sebelumnya menjadi custom sesuai kehendak, sebenarnya mempunyai pengaruh signifikan pada kinerja atau performa smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Adanya hard reset, tentu mengembalikannya ke semula.

Ketika melakukan hard reset pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro, semua pengaturan tersebut akan kembali seperti semula atau bawaan pabrik. Hal tersebut tentu menjadikan performa nya jauh lebih lancar layaknya perangkat baru, terbebas dari lemot, hang, ataupun freeze.

c. Hard Reset Membuat Storage Kembali Luas

Selain kedua manfaat di atas, salah satu yang paling menonjol atau terasa perbedaanya adalah ruang penyimpanan internalnya. Storage tersebut akan menjadi lebih luas serta lega kembali karena benar-benar kosong dan bersih setelah proses hard reset berhasil.

Secara teknik, untuk memperbesar kapasitas penyimpanan adalah dengan menggunakan ekternal kartu SD. Akan tetapi, apabila intenal storage Anda memiliki cukup ruang, maka smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro akan dapat berjalan dengan lancar.

Benarkah Bahwa Melakukan Hard Reset Ternyata Juga Memiliki Bahaya?

Selain memiliki alasan positif yang mengandung banyak manfaat, ternyata melakukan hard reset juga menimbulkan beberapa bahaya bagi smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro Anda. Bahaya-bahaya tersebut misalnya bootloop dan juga hilangnya semua aplikasi di perangkat.

Resiko paling dominan adalah ketika Anda melakukan hard reset pada Xiaomi Redmi Note 5 Pro adalah bootloop. Hal tersebut tejadi saat proses pengaturan ulang berjalan tidak sesuai dengan langkah-langkah atau sistematika yang benar.

Selain bootloop, ketika selesai melakukan hard reset, semua aplikasi yang sudah terpasang di smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro Anda akan ikut hilang atau terhapus juga. Sebab, kebanyakan aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan pada instalasi penyimpanan internal.

Oleh sebab itu, jangan risau ketika Anda menghadapi masalah-masalah tersebut setelah beranjak dari proses hard reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Permasalahan kompleks lainnya juga akan ditemui tergantung kondisi atau keadaan suatu perangkat.

Itulah beberapa cara hard reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro beserta alasan, manfaat, dan juga bahayanya. Ikuti langkah-langkah yang sesuai prosedur supaya tidak terjadi kesalah saat melakukan reset. Semoga bermanfaat.