Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Password Indihome dan Tips Menjaga Wifi Agar tetap Aman

Cara Mengganti Password Indhihome & Tips Menjaga Wifi Agar tetap Aman
Cara Mengganti Password Indihome

Salah satu alasan dari penggantian password biasanya karena lupa atau banyaknya yang telah mengetahui sandi tersebut. Untuk itu, seseorang akan mengubahnya agar saat dipakai koneksi bisa lebih cepat. Indihome sendiri merupakan produk besutan dari PT telekomunikasi Indonesia yang dulunya adalah Speedy. Lantas bagaimana cara mengganti password Indihome?

Cara Mengganti Password Wifi Indihome pada Modem ZTE F609 dan F660

Password harus sering diganti guna menjaga keamanan dari pengguna tanpa izin yang mengetahui sandi, terlebih dari cara tidak baik yakni dengan menggunakan aplikasi tertentu.

Wifi Indihome sendiri memiliki beberapa tipe, setiap jenisnya tentu memiliki tampilan menu yang berbeda. Bagi Anda pengguna modem ZTE F609 atau F660 dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengganti password:

1. Sebelumnya hubungkan perangkat yang Anda gunakan, bisa memakai PC ataupun HP, karena dalam proses ini dapat dilakukan jika perangkat memiliki koneksi jaringan.

2. Selanjutnya masuk pada browser bisa memakai software apa saja misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainya. Kemudian masuk pada halaman gateway modem wifi Anda, lalu ketik alamat di address bar 192.168.1.1 dan klik enter.

3. Setelah itu, akan muncul halaman modem ZTE untuk proses login. Bagi Anda pengguna baru tak perlu khawatir jika proses ini rumit, Anda tinggal memasukkan username dengan “user” dan password juga “user”, jika tidak bisa login Anda dapat menggunakan username dengan “admin” dan password juga “admin” pastikan ke duanya memakai huruf kecil semua.

4. Setelah masuk pada halaman utama, kemudian pilih menu Network yang terletak di sebelah kiri, klik menu Security. Untuk selanjutnya akan muncul halaman password, Anda dapat menggantinya pada kolom WPA Passphrase, langkah terakhir klik submit, dan sandi pun telah terganti.
Cara Mengganti Password Wifi Indhihome pada Modem ZTE
Cara Mengganti Password Wifi Indihome Modem ZTE

Bagaimana Cara Mencegah Orang Lain Mengganti Password Wifi?

Karena kemudahan saat login, terkadang ada orang yang tidak bertanggung jawab dengan iseng mengubah sandi wifi sembarangan, untuk itu Anda dapat mengubah username dan password default dengan cara berikut:

Cara Mencegah Orang Lain Mengganti Password Wifi
Cara Mencegah Orang Lain Mengganti Password Wifi
  1. Lakukan login terlebih dahulu, kemudian setelah masuk pada halaman utama pilih menu Administration.
  2. Ganti password dan username sesuai yang Anda inginkan, usahakan memilih kata ataupun huruf yang tidak gampang ditebak orang lain.
  3. Untuk langkah terakhir, klik submit. Username dan password Anda telah terganti. Perlu diingat jika nantinya membuka halaman modem wifi, maka masukkan username dan password baru yang telah dibuat tersebut.

Cara Mengganti Password Wifi Indihome pada Modem Huawei

Selain tipe ZTE, Indihome juga memiliki jenis lain yaitu modem Huawei. Tampilan menu yang disajikan untuk mengganti password berbeda dengan sebelumnya. untuk itu berikut akan dijelaskan tata caranya:

1. Untuk step pertama hal yang harus dilakukan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Yakni Anda harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan baik PC maupun HP harus terhubung dengan wifi.

2. Kemudian buka software browser sesuai yang Anda inginkan, lalu ketik alamat di address bar 192.168.100.1 kemudian klik enter.

3. Lakukan proses login default terbaru dengan memasukkan username “admin” dan password “admin”, jika login gagal Anda bisa memasukkan username “user” dan password “user”.

4. Jika sudah berhasil login, klik menu Advanced (icon roda gigi), kemudian pilih menu WLAN selanjutnya klik WLAN Basic, maka akan muncul konfigurasi wifi yang aktif.

5. Isi kolom yang terlampir pada WLAN Configuration seperti penjelasan ini:

Cara Mengganti Password Wifi Indhihome pada Modem HUAWEI
Cara Mengganti Password Wifi Indihome di Modem HUAWEI
  • Nomor 1 : Pada SSID Name digunakan untuk mengganti nama wifi/hotspot.
  • Nomor 2 : Associated Device Number, digunakan untuk mengatur perangkat yang dapat tersambung pada wifi Anda.
  • Nomor 3 : Pada menu Authentical Mode, pilih WPA/WPA2 Pre-Shared.
  • Nomor 4 : Pada menu Encryption, pilih TKIP&AES. Terakhir klik tombol Apply, dan password wifi Anda sudah terganti.

Tips Melindungi Password Indihome Agar Aman

Seringkali meski password sudah diganti namun tetap ada saja pengguna tanpa izin yang memaksa menyambung dengan berbagai cara. Tentu hal tersebut akan membuat jengkel karena pengeluaran semakin banyak dan diperparah koneksi jaringan menjadi lambat. Untuk itu, berikut tips melindungi password Indihome agar aman:

1. Gunakan Password yang Tidak Mudah Ditebak

Gunakan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol agar terkesan rumit. Dengan begitu, tidak mudah untuk orang lain menghafal dan mengaksesnya sembarangan sehingga wifi bisa aman.

Cara untuk mengganti password pada setiap tipe berbeda-beda, sebelum mencobanya lebih baik pelajari dahulu tata caranya atau tanyakan pada ahlinya. Cara ini dapat meminimalisir para hacker agar lebih sulit untuk meretas wifi Anda.

2. Matikan Fitur WPS

Ketika fitur WPS diaktifkan maka serumit apapun password yang digunakan, maka tidak akan berpengaruh untuk menjaga keamanan. Sebab seseorang akan dapat meretas jaringan wifi Anda dengan mudah.

WPS sendiri merupakan alternatif cara yang digunakan agar tersambung pada jaringan wifi tanpa password. Sistem ini sangat tidak aman, karena sudah ada beberapa software agar dapat digunakan untuk mengetahui pin yang digunakan.

3. Filter Alamat MAC

Setiap perangkat tentu memiliki MAC yang berbeda. Dengan begitu, dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan modem wifi agar perangkat lain tidak dapat menyambuang secara sembarangan (tanpa seizin dari pemilik).

MAC address berguna untuk mendaftarkan perangkat pada router, maka selain pihak yang terdaftar tidak akan bisa mengakses wifi Anda. Meski ada seseorang yang berhasil meretas atau pernah melakukannya, namun sinyal pada modem tidak dapat digunakan.

4. Memasang Router Mikrotik

Router Mikrotik memiliki berbagai macam fitur lengkap yang dapat digunakan untuk membatasi kecepatan setiap pengguna, memblokir situs, melihat siapa saja yang mengakses wifi, dan masih banyak lainnya.

Router Mikrotik sendiri merupakan alternatif untuk mengakses wifi dengan login page yang dapat digunakan untuk memperkuat keamanan. Namun, proses pengaturan sistem tersebut hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli karena proses settingnya yang rumit.

5. Blokir Pencuri Wifi

Cara ini dapat digunakan agar wifi Anda lebih aman dari para hacker tidak bertanggung jawab, untuk dapat mengaturnya diperlukan software tambahan. Ketika sudah diblokir maka perangkat tersebut tidak akan dapat tersambung kembali.

Untuk itu, cara satu ini dapat menjadi solusi agar para peretas tidak bisa mengakses kembali wifi Anda. Sistem ini dapat diatur melalui Hp dengan aplikasi yang bisa diunduh pada software seperti Google Playstore.

6. Gunakan Teknologi Password WPA2

Ada beberapa metode enskripsi yang dapat digunakan yakni WEP, WPA, dan WPA2. Sistem WPA2 dinilai paling aman sebab akan sulit untuk meretasnya. Bahkan perlu waktu lama agar bisa membobol, namun kemungkinan gagal akan lebih besar.

Sudah banyak perusahaan penyedia layanan jaringan wifi yang menyarankan untuk memakai sistem keamanan WPA2 pada pengaturan password, karena sulitnya untuk diretas meski dengan aplikasi pembobol wifi canggih sekalipun.

Cara mengganti password Indihome dapat diterapkan guna meminimalisir seseorang meretas jaringan wifi Anda. Agar lebih aman lagi dapat digunakan sistem tambahan yang beberapa diantaranya sudah disebutkan di atas.