Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Laptop Hang & Not Responding pada Windows 7, 8, dan 10

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Anda sering mengalami kondisi laptop yang tiba-tiba hang atau not responding? Jika iya, tentu Anda sering kesulitan dan bertanya-tanya bagaimana cara mudah mengatasi laptop hang dan not responding tersebut. Nah, untuk itu, silahkan simak beberapa penjelasan berikut terkait solusi dan penyebabnya yang akan membantu mengatasi masalah Anda.

Penyebab Laptop Hang atau Not Responding

Pada dasarnya, laptop yang sering hang atau not responding ini tidak terjadi begitu saja, melainkan disebabkan oleh berbagai faktor. Jika berbicara mengenai cara memperbaikinya, maka Anda wajib tahu penyebabnya. Hal ini karena not respondingnya laptop tersebut dapat diperbaiki berdasarkan penyebab yang sedang terjadi.

Beberapa penyebab tersebut pun berkaitan dengan banyak aspek, mulai dari internal laptop, RAM, software, hingga file-file yang rusak. Nah, jika Anda ingin mengetahui penjelasan lebih rincinya, simak di bawah ini.

a. Memori atau RAM Dalam Perangkat Tidak Cukup

Umumnya, sudah banyak pengguna yang mengetahui bahwa laptop yang hang atau mengalami not responding penyebab utamanya adalah RAM laptop yang kurang untuk menjalankan banyak program. Penjelasan lebih lanjutnya, RAM adalah aspek yang sangat penting untuk menjalankan program tersebut.

Jika RAM tidak mampu menampung berjalannya program di latar belakang perangkat, maka sudah pasti akan terjadi hang. Dengan ini, maka program tersebut harus dihentikan dan itulah yang akan menyebabkan program mengalami not responding pada akhirnya.

b. Terlalu Banyak Software yang Terpasang Dalam Laptop

Ada juga faktor lain yang tidak boleh dilupakan dalam hal ini, yakni masalah software. Perlu diketahui bahwa software ini juga penting untuk diperhitungkan karena akan sangat berpengaruh pada kinerja laptop.

Berkaitan dengan software sendiri, yang harus menjadi perhatian Anda adalah kapasitas drivenya. Tentu saja dalam hal ini yang paling utama adalah drive C karena biasanya di drive itulah penyimpanan data terbanyak dari software. Dalam hal ini, saat software melebihi kapasitas, space dalam drive akan semakin sedikit dan program lain pun kian sulit dijalankan.

c. Program yang Dijalankan Terlalu Banyak

Kalau untuk faktor yang satu ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan RAM. Tentu saja sudah tidak asing lagi bukan dengan banyak jendela program dalam laptop yang dibuka secara bersamaan.
Ini memang akan memudahkan penggunaan yang membutuhkan banyak program sekaligus. Namun demikian, tanpa menyadarinya, pengguna sudah membuat semakin banyak proses di latar belakang. Tentu saja dengan itu pada RAM pun semakin sedikit space yang tersisa. Hal inilah yang akhirnya membuat laptop hang sebagaimana sudah dipaparkan di poin sebelumnya.

d. Ada File dalam Perangkat yang Rusak

Setiap Anda menginstal program, maka akan tercipta beberapa data atau file yang juga akan tersimpan dalam perangkat, dimana yang paling umum biasanya pada drive C. Data tersebutlah yang bisa membuat program dalam laptop Anda berjalan dengan baik.

Namun demikian, kadangkala tidak semua file yang menggerakkan program ini selalu dalam keadaan baik. Adakalanya juga beberapa file mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, maka sudah pasti program pun akan mengalami not responding dan terhenti.

e. Disebabkan oleh Virus

Apabila berbagai faktor di atas sudah dipastikan tidak terjadi tapi laptop pun masih sering mengalami not responding, bisa jadi yang menjadi penyebabnya adalah virus. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis malware atau virus yang bisa menginfeksi perangkat dan membuat RAM maupun Drive terlalu cepat penuh. Pada akhirnya laptop pun akan mengalami hang karena terasa berat.

Cara Mengatasi Laptop Sering Hang

Setelah mengetahui apa saja faktor yang mungkin menyebabkan laptop Anda mengalami hang, kini saatnya mengetahui cara mudah mengatasi laptop hang dan not responding. Kali ini akan dijelaskan beberapa pilihan cara sesuai kondisi laptop saat mengalami hang, sebagaimana berikut.

Apabila Laptop Hang Ketika Berada Dalam Mode Bios

  1. Restart perangkat Anda dan masuklah mode BIOS
  2. Dalam mode ini, silahkan memilih Advance Bios Features
  3. Kemudian, silahkan cari menu yang ada hubungannya dengan Bios Cache
  4. Jika sudah ketemu, langsung saja disable lalu simpan. Cara menyimpannya cukup klik F10, serta enter.

Apabila Laptop Mengalami Hang saat Starting

Jika laptop sering hang saat starting, Anda bisa mengatasinya dengan pilihan solusi berikut ini.
  • Biasanya ini disebabkan karena laptop terinfeksi virus, jadi, lakukan scanning virus pada perangkat. Lalukan juga proses scanning pada Registry menggunakan CCleaner.
  • Lakukan pembersihan RAM. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan cleaner khusus atau penghapus karet. Atau, jika Anda ragu, silahkan meminta bantuan teknisi saja.

Apabila Laptop Mengalami Hang saat Program Sedang Berjalan (Not Responding)

Jika hal ini yang terjadi, lakukan saja penghentian paksa. Caranya dengan menekan CTRL, ESC, dan SHIFT secara bersamaan. Lalu, pada program yang tidak merespon silahkan klik End Task.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi laptop hang dan not responding beserta penyebabnya. Jadi pahami penyebabnya dengan baik dan terapkan solusinya dengan teliti.