Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kamera Gagal Semua HP Samsung Galaxy

Cara Memperbaiki Kamera Gagal Semua HP Samsung Galaxy
Cara Memperbaiki Kamera Gagal Semua HP Samsung Galaxy

Kamera adalah fitur yang paling sering dipakai oleh semua pengguna ponsel pintar dan memang sangat dekat dengan pengguna smartphone. Namun, kadang bisa saja kameranya mendadak Error. Hal ini bisa terjadu di semua merk ponsel termasuk Samsung Galaxy. Lalu, bagaimana Cara Memperbaiki Kamera Gagal Semua HP Samsung Galaxy jika ponsel Anda juga merk ini? Kali ini hal tersebut akan diulas lebih jauh.

Cara Mengatasi Kamera Gagal (Error) pada Samsung Galaxy

Cara-cara di bawah ini tentu saja akan memudahkan Anda untuk mengembalikan keadaan kamera supaya bisa digunakan. Tentunya akan ada banyak pilihan cara untuk mengembalikan kamera yang error dan Anda bisa memilih salah satunya. Lakukanlah cara lain apabila satu tips gagal atau dirasa Anda kesulitan mengaplikasikannya. Berikut 8 cara untuk memperbaiki kamera di ponsel merk Samsung Galaxy.

1. Menghapus Cache Kamera

Untuk menghapus cache pada kamera di ponsel Samsung Anda pertama bukalah menu pengaturan. Lalu akan muncul berbagai macam pilihan dan carilah aplikasi lalu manajemen penyimpanan  aplikasi. Di sana akan muncul berbagai macam aplikasi yang terpasang di ponsel Anda dan carilah Kamera. Untuk langkah spesifik selanjutnya ada di bawah ini.

  1. Klik tulisan kamera lalu tekanlah tulisan “paksa berhenti”
  2. Cari dan pilih tulisan penyimpanan.
  3. Setelah memilih tulisan penyimpanan maka langkah selanjutnya carilah hapus data. Dengan menghapus data, maka kamera akan melakukan proses untuk mengatur ulang agar kembali ke seperti biasanya.
  4. Setelah dirasa telah melakukan semua langkah di atas maka tahapan berikutnya adalah menekan tombol kembali dan cobalah untuk memakai kamera ponsel.

2. Cobalah Untuk Membersihkan Memori Penyimpanan Internal di Ponsel Anda

Sebenarnya penyebab lain yang berakibat pada tidak berfungsinya kamera di ponsel Samsung Anda adalah karena penuhnya memori penyimpanan internal. Sedangkan salah satu cara memperbaiki kamera gagal semua HP Samsung Galaxy disini yakni dengan mengurangi beban di ponsel tersebut.

Kamera tidak berfungsi karena ponsel Anda sudah tidak sanggup lagi untuk menyimpan file-file baru sehingga terjadilah Error. Disini, coba Anda buka galeri dan hapuslah foto atau video yang sudah tidak begitu penting.

Anda juga bisa menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Jika Anda merasa keberatan dengan menghapus file di dalam ponsel maka bisa dengan memindahkannya ke komputer atau laptop. Anda juga bisa menggunakan flashdisk atau hard disk sebagai pengganti jika memori laptop juga hampir penuh.

Kebanyakan orang memakai cara kedua ini dan kameranya bisa langsung berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, Anda memang benar-benar harus pandai memilah mana file atau aplikasi penting dan yang kurang penting agar dihilangkan saja dari penyimpanan internal.

3. Bisa Dengan Melakukan Pemeriksaan Kartu Memori

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar kamera kembali ke fungsi normalnya yakni dengan melakukan pemeriksaan kartu memori. Pastikan bahwa kartu memori Anda masih berfungsi dengan baik, Khawatirnya jika sudah rusak, kartu tersebut tidak bisa lagi menyimpan file. Untuk mengetahuinya, bisa dengan melepas kartu memori dan memeriksa keadaannya.

Jika Anda mengalami masalah dalam memeriksa keadaan kartu memori maka bisa membawanya ke konter terdekat untuk meminta bantuan. Atau bisa juga dengan bertanya kepada saudara yang paham tentang ponsel.

4. Lakukanlah Pembersihan Cache Sistem Operasi

Ternyata, melakukan pembersihan pada cache sistem operasi bisa sebagai cara memperbaiki kamera gagal semua HP Samsung Galaxy selanjutnya. Hal ini karena mungkin saja ponsel Anda memang sedang bermasalah pada sistemnya karena terlalu banyak cache di dalamnya. Sedangkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tekan bersamaan kombinasi tombol power + home dan volume atas untuk menuju ke menu Recovery Mode.
  2. Pilihlah tulisan Clear cache partition. Pakailah tombol volume atas dan bawah untuk menggeser pilihan.
  3. Pilihlah tulisan Reboot Sistem Now dengan menggunakan tombol power untuk memilihnya. Setelah itu ponsel akan mengalami reboot sementara dan langsung mati total.
  4. Tunggu sampai proses selesai dan kembali muncul tampilan home.
  5. Cobalah kamera Anda, apakah sudah berfungsi.

5. Mengembalikan Pengaturan Awal Ponsel Anda atau Factory Reset

Dengan melakukan factory reset maka kamera ponsel Anda akan kembali seperti sedia kala. Jika memang masalahnya ada pada ponsel secara umum, maka hal ini juga akan mengembalikan fungsi kamera sebagaimana sedia kala. Sedangkan untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkahnya di bawah ini dan pastikan tidak ada yang tertinggal.

  1. Pertama, masuk ke menu pengaturan.
  2. Scroll layak ke bawah untuk mencari pilihan cadangkan dan reset.
  3. Setelah terbuka, akan muncul beberapa pilihan di layar dan carilah tulisan reset data pabrik. Lalu klik menu tersebut dan tunggulah.
  4. Tunggulah sampai ponsel kembali menunjukkan layar home.
  5. Jika proses sudah selesai, cobalah untuk memakai kamera Anda lagi.
Cara ini memang tampaknya rumit, akan tetapi sebenarnya cukup mudah untuk praktek langsungnya.

6. Melakukan Pembaruan dari Sistem Android di Ponsel Anda

Jika semua cara sudah Anda praktekan dan tidak ada yang berhasil, cobalah untuk melakukan pembaharuan system Android di ponsel Anda. Biasanya pembaharuan ini membantu memperbaiki beberapa masalah pada ponsel sehingga sangat disarankan untuk dicoba. Sedangkan caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuklah ke menu setting.
  2. Carilah tulisan Tentang Perangkat (biasanya pilihan ini ada di bawah).
  3. Setelah terbuka, maka klik tulisan unduh pembaruan secara manual. Lalu tunggulah beberapa saat agar ponsel Anda melakukan pembaruan dengan sendirinya.
  4. Setelah itu, akan muncul tulisan di layar yakni Unduh dan Pasang, tekanlah pilihan tersebut.
  5. Tunggu proses pengunduhan sampai selesai, jika lama maka biarkanlah sejenak.
  6. Jika proses sudah selesai, cobalah untuk menghidupkan ponsel dan langsung pakailah kamera. Jika bisa, maka hal ini sangatlah berhasil sehingga tidak perlu repot beli HP baru.

7. Lakukan Install atau Flash Ulang ROM Android

Cara memperbaiki kamera gagal semua HP Samsung Galaxy yang selanjutnya adalah dengan melakukan install atau flash ulang ROM Android ponsel Anda. Cara ini mungkin terbilang cukup ampuh untuk mengembalikan kamera ke fungsi normalnya.

Namun, diperlukan komputer dan ROM Android yang cukup untuk menginstal ulang ponsel Anda. Jika Anda ingin memakai cara yang satu ini, pastikan untuk mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Selain itu, alangkah baiknya untuk meminta bantuan langsung ke orang yang mengerti tentang ponsel. Atau Anda juga bisa datang ke konter terdekat dan mintalah teknisi untuk melakukan flash ulang ponsel tersebut. Khawatirnya, jika Anda yang melakukannya sendiri, maka akan terjadi sedikit kesalahan yang malah memperparah keadaan kamera ponsel.

8. Ganti Kamera Ponsel

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan penggantian kamera ke konter terdekat. Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda tempuh jika semua cara di atas tidak bisa membuat ponsel kembali normal. Nah, jika masih tidak bisa, maka cara terakhir adalah membeli hp baru. Tentu saja dengan hp baru maka Anda pun akan mendapatkan kamera baru dan fitur baru juga.

Demikian 8 tips cara mengatasi kamera gagal diatas semoga dapat bermanfaat bagi Anda, dan semoga smartphone Samsung Galaxy Anda bisa kembali normal seperti biasanya.