Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Matikan Update Otomatis Windows 10

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10
Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Banyak sekali perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan para pengguna dalam mengoperasikan komputer. Salah satunya seperti Windows 10 yang terbaru dan diciptakan oleh perusahaan besar bernama Microsoft. Namun demikian, tampaknya pengguna masih banyak yang bingung tentang cara matikan update otomatis Windows 10. Padahal hal ini penting dipahami.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10

Sebenarnya perangkat lunak sebelum Windows 10 sudah ada, akan tetapi Microsoft terus menerus melakukan pembaruan demi kemudahan para pengguna. Namun, tidak sedikit pengguna yang terkena masalah tentang cara menonaktifkan pembaruan otomatis dari Windows 10. Untuk memudahkan Anda dalam mematikannya, simak penjelasan di bawah ini dan segera praktekkan di PC Anda.

1. Membatalkan Pembaruan Lewat Menu Network & Internet

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan Anda jika ingin menonaktifkan pembaruan otomatis pada OS Windows 10. Cobalah untuk mempraktekan salah satu cara yang dibahas kali ini agar pembaruan bisa berhenti. Jika satu cara tidak berhasil, cobalah untuk mempraktekan yang lainnya.

Sedangkan cara yang pertama adalah dengan membatalkan pembaruan lewat menu network dan internet di pengaturan PC. Mungkin sebagian dari pengguna masih bertanya-tanya mengapa cara pertama ini bisa dilakukan untuk menonaktifkan pembaruan dari OS Windows 10.

Pasalnya, keadaan jaringan internet sangatlah penting untuk melakukan pembaruan secara otomatis. Jika Anda tidak mengaturnya maka sudah pasti pembaruan tidak akan pernah berhenti. Oleh sebab itu, Anda harus mengaturnya lewat menu yang satu ini.

Untuk mengatur menu network dan Internet, langkah-langkahnya sangatlah mudah. Pertama tekan ikon Start lalu carilah menu Pengaturan. Selanjutnya akan tampil di layar beberapa menu, dan pilihlah ikon Network and Internet.

Di menu ini akan muncul di layar menu baru dan pilihlah tulisan status lalu tekan ikon Change Connection Properties. Setelah itu pilih tulisan on pada ikon Set as metered connection. Jika telah selesai, maka Anda telah berhasil untuk menonaktifkan updatenya.

2. Matikan Pembaruan Lewat Update and Security

Cara kedua yang bisa Anda gunakan sebagai cara matikan update otomatis Windows 10 adalah dengan menonaktifkannya melalui menu yang terdapat di Update and Security. Cara ini bisa Anda gunakan apabila tidak bisa mempraktekan tips yang pertama. Notifikasi pembaruan dari Windows 10 tentu sangat mengganggu sekali bukan? Maka simaklah cara kedua ini agar pemberitahuannya bisa hilang dari PC.

Langkah pertama untuk menuju menu tersebut adalah mencari tombol Start lalu akan muncul ikon roda bergerigi. Ikon ini menunjukkan menu pengaturan. Selanjutnya, di layar akan muncul beberapa menu dan pilihlah tulisan Update and security. Kemudian, pilihlah menu Windows update.

Jika sudah, Anda bisa tekan advanced options lalu hilangkan centang pada tulisan give me updates for other Microsoft. Setelah ini, proses mematikan pembaruan sudah selesai dan update secara otomatis pada perangkat Anda akan berhenti.

Cara ini bisa Anda pilih apabila saat menerapkan yang pertama mengalami kegagalan atau kesulitan. Memang caranya terlihat sedikit rumit, namun jika dipraktekan langsung akan terasa jauh lebih mudah.

Jika cara kedua masih gagal, maka ikutilah langkah-langkah ketiga yang akan dipaparkan di penjelasan berikut ini. Namun, perlu Anda pahami bahwa pada dasarnya dibandingkan cara yang lain ini adalah yang paling mudah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencoba untuk memahami setiap langkahnya dan menerapkannya dengan baik.

3. Membatalkan Pembaruan Lewat Local Group Policy Editor

Pilihan cara matikan update otomatis Windows 10 yang ketiga yakni memanfaatkan menu Local Group Policy Editor untuk melakukan pengaturan agar perangkat lunak Windows 10 bisa berhenti dalam melakukan pembaruan sistem perangkat lunak. Tentunya cara ketiga digunakan apabila tips pertama dan kedua masih gagal untuk dilakukan. Simak urutan di bawah ini untuk mengetahui langkahnya.


1. Mulai dengan menekan kombinasi tombol keyboard Windows + R secara bersamaan.

2. Kemudian akan muncul kotak perintah lalu ketiklah gpedit msc atau silahkan tekan tombol enter di keyboard Anda.

3. Setelah itu Anda ikuti alur selanjutnya dengan urutan sebagai berikut

Computer configuratinion > administrative templates > windows components > windows update.

4. Selanjutnya, akan muncul configure automatic update. Pada tulisan tersebut klik touchpad sebanyak dua kali di sisi kanan lalu akan muncul tulisan enable.

5. Centanglah kotak enable dan carilah menu Options.

6. Setelah itu di bawah menu tersebut akan muncul beberapa pilihan di layar dan carilah 2- notify for download and auto install dan pilih.

7. Terakhir, klik tulisan Apply atau OK.

8. Notifikasi pembaruan Windows 10 pun akan berhenti dengan sendirinya.

Sebenarnya ada banyak pilihan yang akan muncul apabila Anda menekan tombol Enable mungkin sebanyak 4. Namun, mengapa cara nomor 2? Karena pilihan itulah langkah yang paling tepat sebagai cara matikan update otomatis Windows 10.

Jika Anda ingin mencoba pilihan yang lain, itu tidak masalah. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Cara ini mungkin agak rumit, namun sebenarnya bisa dipahami dan diterapkan dengan cepat.

4. Menonaktifkan Upadate dengan Memakai Menu Regedit

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menonaktifkan notifications pembaruan dari perangkat lunak Windows 10 adalah dengan memanfaatkan menu regedit.

1. Tekan bersamaan kombinasi keyboard windows + R untuk perintah RUN.

2. Lalu ikutilah alur di bawah ini

HKEY_Local_Machine > software > policies > Windows.

3. Klik kanan di tulisan Windows lalu ada menu New, pilihlah itu dan klik key.


4. Setelah memilih Key, tulislah Windows Update dan klik tombol enter di keyboard.


5. Selanjutnya, silahkan klik kanan pilihan windows update dan tulislah AU, lalu tekan enter di keyboard.

6. Buat lagi key baru dalam folder AU dengan menekan bagian kanan dari bagian yang kosong dan akan muncul New, lalu pilih DWORD (32-bit) Value


7. Selanjutnya, pada AUOptions silahkan diklik dua kali dan Anda harus memasukkan nilainya.
Disini yang direkomendasikan adalah Nilai 2, yakni “Notify for download and notify for install”. Setelahnya, silahkan tekan OK.

  • Nilai 2 : "Notify for download and notify for install." Direkomendasikan.
  • Nilai 3 : "Auto download and notify for install."
  • Nilai 4 : "Auto download and schedule the install."
  • Nilai 5 : "Allow local admin to choose settings."


8. Di folder yang sama, buatlah key lagi dengan memilih new lalu DWORD (32-bit) Value.

9. Ketiklah tulisan No Auto Update untuk dijadikan nama key baru yang telah dibuat dan tekanlah tombol OK.

10. Pada key baru yang telah Anda buat klik dua kali tulisan itu.

11. Masukan nilai pertama dan tekan tombol OK atau enter.

Setelah dirasa Anda telah melakukan cara-cara di atas, langkah selanjutnya adalah keluar dari menu regedit. Jika sudah menutup menu regedit tersebut maka selesailah proses untuk menonaktifkan pembaruan perangkat lunak Windows 10 di perangkan Anda.

Keempat cara tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk melanjutkan pekerjaan tanpa adanya notifikasi dari update Windows 10 lagi. Jadi, pilih cara yang paling mudah dan sesuai kebutuhan perangkat. Lakukanlah cara di atas dengan benar, dan Anda akan berhasil mematikan update dari Windows 10 ini.