Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hard Reset Realme X3 SuperZoom ke Setelan Pabrik

Cara Hard Reset Realme X3 SuperZoom
Cara Hard Reset Realme X3 SuperZoom

Apabila smartphone Realme X3 Superzoom Anda mengalami sebuah gangguan atau memori dan internal penuh, maka mengembalikannya kedalam mode pabrik dapat menjadi solusi terbaik. Bahkan, cara hard reset Realme X3 Superzoom terbilang sangat mudah.

Anda tidak perlu repot-repot datang langsung ke tempat service yang biasanya mematok harga Rp. 50.000. Sebab, bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Beberapa Kejadian yang Membutuhkan Hard Reset pada Realme X3

Apabila smartphone Anda mengatakan “Aplikasi telah berhenti” ataupun ketika ingin membukanya tidak ada respon atas perintah tersebut, besar kemungkinan bahwa perlu mendapatkan pembaruan pada softwarenya. Cara termudah untuk memulainya ialah dengan mengunduh firmware di gawai tersebut.

Mengembalikan smartphone Realme kedalam mode pabrik juga dapat menjadi salah satu cara terbaik dan murah untuk mengatasi masalah di gawai Anda. Akan tetapi, jika telah dicoba untuk melakukan tindakan itu namun tidak terselesaikan tetap saja, bisa jadi perlu untuk mengunduh firmware original.

Namun, tetap saja mengembalikan smartphone Anda ke mode pabrik adalah pilihan yang tepat bagaimanapun juga. Karena dengan cara ini, dapat mengetahui permasalahannya dan jika tidak terlalu parah, cukup itu saja sudah membuatnya menjadi normal seperti sedia kala.

Cara Hard Reset Realme X3 SuperZoom ke Pengaturan Pabrik

Sebetulnya, cara untuk melakukan hard reset pada realme X3 tidaklah sesulit bayangan. Jika masih binggung, perhatikan ulasan di bawah ini:

1. Langkah Pertama, Pastikan Smartphone Terisi Daya Hingga 50%

Memastikan dan mengutamakan gawai terisi hingga 50% tentunya sangat penting sekali. Hal ini untuk menghindari matinya smartphone tersebut ketika di reset ke mode pabrik. Selain itu, juga berguna untuk efektivitas waktu saat melakukannya.

Dengan mengisi daya hingga lebih dari 50% juga dapat membantu smartphone Anda dalam kondisi yang bisa saja tidak terduga. Ketika terdapat penyebab lainnya, maka gawai dapat diatasi lebih lanjut tanpa takut mati tiba-tiba.

2. Langkah Kedua, Nonaktifkan Dulu Smartphone dengan Menekan Tombol Power Beberapa Detik

Menonaktifkan smartphone ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada aplikasi lain yang sedang berjalan. Dengan begitu, dapat dioperasikan dengan lebih ringan. Hal ini juga unntuk menghindari data-data yang tidak diperlukan bercampur.

Selain itu, menonaktifkan smartphone juga penting untuk menghindari ketidakperluan yang akan terjadi di handphone. Salah satunya, apabila software Anda lainnya tidak dapat dihentikan beroperasi secara manual.

3. Langkah Ketiga, Pilih Bahasa yang Dibutuhkan

Dengan cara menekan tombol power dan volume down, Anda bisa masuk ke menu ini. Langkah ini cukup penting, sebab ketika mengembalikannya ke mode pabrik, Anda akan disuguhi pilihan-pilihan pengaturan sehingga perlu mengerti apa yang terjadi dan perlu dilakukan.

Jika pemilihan tidak dilakukan, biasanya perangkat akan menyuguhkan pilihan bahasa secara otomatis. Kebanyakan, pemilihan tersebut yaitu menggunakan bahasa China (asal dari Realme). Dengan begitu, bisa dipastikan Anda tidak akan memahaminya.

4. Langkah Keempat, Pemilihan Menu Setelah Melihat Device Data dan Recovery

Setelah Anda memasuki device dan melihat recovery, dibawahnya terdapat beberapa menu. Pilihlah Wipe data, kemudian Anda dapat menekan tombol Format Data sebagai langkah awal mereset smartphone Realme tersebut.

Anda harus dapat memastikan langkah-langkah ini berjalan sesuai dengan urutannya. Apabila terdapat langkah yang terlewati maka bisa jadi pengembalian tersebut akan mengalami gagal total. Maka, perlu berhati-hati dan memerhatikannya dengan seksama.

5. Langkah Kelima, Tekan Ya

Setelah melakukan tindakan di layar ketika melihat device dan muncul Recovery. Kemudian Anda memilih menu Wipe data. Lalu menekan tombol Format (akan disuguhkan sebuah kata konfirmasi), maka cukup menekan “YA” saja.

Jika Anda keliru menekan kata tidak, akan sia-sia saja langkah yang sedari awal dilakukan. Bahkan, harus mengulangi dari awal dan juga bisa perpotensi merusak smartphone.

6. Langkah Keenam, Tunggu Wipe Sukses atau Komplit

Ketika Anda telah melakukan langkah-langkah dari nomer satu hingga lima, maka otomatis smartphone Realme tersebut akan mengalami reboot. Selain itu, juga terdapat wiping data dan membutuhkan waktu beberapa menit, agar proses dapat sukses.

Penting untuk menunggu proses reboot dan wiping data yang terjadi secara otomatis tersebut hingga sukses. Proses ini tidak akan berlangsung lama, hanya berjalan beberapa detik saja. Tujuannya yaitu untuk membersihkan semua data yang ada pada sistem tersebut.

7. Langkah Ketujuh, Pilih Reboot

Apabila gawai Realme Anda telah selesai mengalami reboot dan wiping data secara otomatis, akan disuguhkan kembali sebuah menu yang harus dipilih. Maka jangan lupa untuk menekan tombol reboot agar reset smartphone membuahkan hasil sukses.

Setelah Anda berhasil melakukan langkah dari nomor satu hingga ketujuh itu artinya telah sukses melakukan reset di smartphone Realme tersebut. Maka lihatlah bahwa gawai itu telah kembali seperti semula.

Apa saja Alasan Pengguna Ingin Mengembalikan Perangkat ke Mode Pabrik?

Mengembalikan smartphone kedalam mode pabrik juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti: mengatasi sebuah kendala yang muncul misalnya saja hang, error, serta lainnya. Semua menjadi mungkin dan mudah dilakukan apabila Anda mengetahui bagaimana caranya.

Penyebab pentingnya mengembalikan smartphone Realme Anda ke mode pabrik yaitu:

1. Kurang Optimalnya Sistem Device

Apabila sistem device di dalam smartphone Anda berjalan kurang maksimal, maka dapat dipastikan bahwa perlu mendapatkan penanganan khusus. Salah satunya ialah menghapus cache pada setiap aplikasi yang di install. Meskipun demikian terkadang itu bukan menjadi solusi tepat.

Oleh karenanya, perlu menyelidiki penyebab yang tepat dari kurang optimalnya sistem device tersebut. Dengan begitu, dari masalah itu dapat dilakukan perbaikan dengan lebih tepat. Salah satu caranya ialah mereset smartphone atau mengembalikannya ke mode pabrik.

2. Smarthphone Mulai Nge Hang

Apakah Anda termasuk kolektor aplikasi-aplikasi yang disediakan di pusat pembelian atau pengunduhan secara gratis? Jika iya, tentu wajar apabila smartphone Anda mengalami hang. Kebanyakan dari kita seringkali menumpuk permainan padahal memori tidak cukup kapasitasnya.

Menumpuk aplikasi dapat menyebabkan kelambaan smartphone dalam merespon perintah. Hal itu disebabkan oleh kinerja yang terlalu berat dibandingkan kapasitas yang dimiliki. Agar gawai Anda tetap stabil, mulailah dengan menyisakan ruang penyimpanan sebagai langkah awalnya.

3. Smarthphone Mulai Error

Cara hard reset Realme X3 Superzoom tentu menjadi salah satu solusi yang tepat apabila smartphone Anda mengalami error. Selain itu, dapat pula melakukan tindakan dengan memperbarui software pada gawai tersebut.

Kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebab error ialah adanya bugs sehingga di device Anda seringkali mengalami error. Selain itu, peringatan aplikasi telah berhenti atau mengalami error juga menjadi salah satu tanda pentingnya melakukan pembaruan software.

Demikian tips dan trik cara hard reset Realme X3 Superzoom khusus disajikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan enambah ilmu baru. Selain itu juga membuat smartphone Realme Anda enak dan menyenangkan kembali unntuk digunakan.