Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Oppo A31 (CPH2015) via SDcard

Cara Flash Oppo A31 (CPH2015)
Cara Flash Oppo A31 (CPH2015)

Siapa yang tidak mengenal ponsel besutan perusahaan ternama yang satu ini? Oppo A31. Ulasan ini saya tulis untuk Anda pengguna smartphone khususnya Oppo A31. Cara flash Oppo A31 (CPH2015) ini dapat Anda jadikan panduan ketika ingin melakukan pembaruan sistem, sehingga perangkat Anda memiliki performa yang semakin baik. Sebagai solusi untuk melakukan pembaruan software dan mengatasai persoalan yang mungkin terjadi pada smartphone kesayangan Anda.

Hadirnya smartphone yang kian canggih sebagai bentuk kemajuan teknologi yang semakin pesat. Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat, cara dan pola berpikir pada manusia turut mengalami kemajuan. Bentuk kemajuan cara dan pola berpikir ini dapat kita lihat pada kepiawaian manusia dalam menggunakan teknologi itu sendiri. Berbekal dengan tekat kuat dan keinginan belajar, kita bisa dengan mudah menguasai suatu bidang secara otodidak, salah satunya adalah melakukan perbaikan pada alat-alat teknologi yang kita punya khususnya smartphone, tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Kerap kali smartphone kita mengalami persoalan yang disebabkan oleh banyak hal, entah itu kesalahan dalam pemakaian dan kerusakan akibat usia smartphone yang tidak lagi belia. Pada umumnya apabila hal ini terjadi lantas kita akan segera mempercayakan smartphone kita kepada teknisi. Tentunya hal ini bukan suatu langkah yang buruk.

Namun, bagaimana jika ternyata kita dapat dengan mudah melakukan perbaikan seperti yang dilakukan oleh teknisi? Tentunya hal ini lebih menguntungkan, karena kita tidak perlu membuang biaya besar dan waktu yang lama.

Cara flash Oppo A31 (CPH2015) ini dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin melakukan perbaikan pada smartphone Anda secara mandiri. Memiliki smartphone yang mengalami kendala seperti hanya stuck di logo memang sangat menyebalkan. Hal ini bisa saja terjadi karena banyak hal, kemungkinan terbesar adalah terjadinya kerusakan pada sistem smartphone Anda dan harus segera diatasi.

Apabila smartphone Anda mengalami kendala ringan, seperti aplikasi yang terus terhenti ataupun layar smartphone Anda tidak responsive, maka solusi pertama yang dapat dipilih adalah hard reset atau mengembalikan pengaturan smartphone Anda menjadi pengaturan pabrik.

Namun, apabila dengan mengembalikan smartphone menjadi pengaturan pabrik dan ternyata langkah ini tidak membuahkan hasil, maka cara flash pada Oppo A31 ini harus Anda lakukan. Untuk memulai flashing Anda hanya perlu mengunduh file firmware resmi yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Tutorial flash pada Oppo A31 (CPH2015) ini bisa Anda terapkan apabila ponsel Anda mengalami kendala yang serius. Apalagi jika kendalanya adalah bootloop. Apabila ponsel Anda hanya menampilkan layar putih, gagal masuk ke dalam menu dan hanya stuck menampilkan logo, maka cara flash Oppo A31 (CPH2015) dapat Anda pilih sebagai solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Biasanya, ketika smartphone mendapatkan masalah serius, maka ia tidak bisa masuk pada sistem yang menampilkan tampilan pilihan menu seperti biasa dan hal ini akan terus terjadi secara berulang. Oleh sebab itu perlu melakukan pembaruan sistem pada smartphone menggunakan firmware resmi.

Ada banyak cara yang dapat Anda coba, salah satunya adalah hard reset bisa dilakukan melalui  recovery mode untuk memulai wipe data. Namun, cara ini mungkin saja tidak membuahkan hasil apabila kondisi smartphone Anda terlalu parah. Apabila memang membutuhkan perbaikan software, maka langkah-langkah flash pada Oppo A31 (CPH2015) ini harus segera dilakukan.

Penting untuk Anda ketahui sebelum memulai cara flash Oppo A31 (CPH2015), apa yang anda lakukan ini bisa menghapus seluruh data yang ada pada perangkat ponsel milik Anda. oleh karena itu pastikan bahwa untuk membuat back up segala data penting yang tersimpan pada smartphone Anda.

Berikut Cara Flash Oppo A31 dengan Menggunakan SDcard

Melalui ulasan kali ini, anda akan diberikan langkah-langkah mengenai proses flashing pada Oppo A31 sebagai solusi dan cara melakukan perbaikan pada software. Pastikan Anda memahami dengan baik langkah-langkah ini agar proses flashing berjalan dengan lancar.

Sebelum memulai langkah ini, ada beberapa file dan bahan-bahan pendukung yang perlu Anda persiapkan. Untuk file firmware Oppo A31 Anda dapat mengunduhnya pada postingan dibawah ini. Berikut bahan-bahan pendukung yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

Bahan dan File Pendukung Flash Oppo A31 (CPH2015):

  • Memori microSD
  • Firmware Oppo A31 (CPH2015)
Setelah file dan bahan pendukung yang Anda butuhkan lengkap terpenuhi, kita bisa mulai untuk melakukan flashing Oppo A31. Kembali saya ingatkan untuk tetap teliti dan memahami dengan baik dan benar langkah-langkah berikut.

Di Bawah Ini Langkah Cara Flashing Oppo A31, Simak Penjelasan Berikut Ini:

1. Isi baterai smartphone melebihi 60%. Pastikan daya baterai smartphone Anda terpenuhi sebelum memulai update. Proses update akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga daya baterai Anda harus berada dalam persentase minimal 60%.

2. Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk memulai proses ini adalah memformat memori microUSB melalui komputer/Windows PC sehingga dapat membuat ruang simpan smartphone Anda menjadi lebih luas.

3. Setelah memori SDcard telah berhasil Anda format, pindahkan file firmware yang sebelumnya telah selesai didownload ke dokumen root pada memori SDcard Anda. Jangan meletakkan file firmware pada folder, hal ini dapat menyebabkan file tidak terdeteksi.

4. Pastikan file telah dipindahkan dengan benar. Selanjutnya, masukkan kartu SDcard Anda pada slot yang ada smartphone. Matikan daya perangkat handphone. Proses flash pada Oppo A31 akan kita mulai.

5. Setelah smartphone mati, pencet tombol pengatur suara turun dan tombol daya bersamaan, dan tahan selama beberapa detik sampai layar smartphone Anda menampilkan menu menu pilih bahasa. Kemudian pilih jenis bahasa Inggris untuk melanjutkan mode recovery selanjutnya.

6. Setelah mode recovery berhasil ditampilkan pada layar smartphone Anda, pilih install from storage device. Setelah itu, Anda akan mengintsall file firmware yang sebelumnya sudah diletakkan di kartu SDcard, pilih install form SD.


7. Pilih file firmware yang sudah kita unduh. Notif konfirmasi akan tampil pada layar kemudian tekan menu Ya.

8. Smartphone kemudian akan melakukan reboot otomatis dan software pada perangkat akan diperbarui. Proses update sofware berlangsung selama sekitar 20 menit. Tunggu sampai selesai.

9. Setelah proses reboot ini selesai, Anda harus memilih menu reboot sekali lagi. Hal ini akan memakan waktu beberapa menit lagi, tunggu sampai selesai.

Apabila reboot telah selesai, maka smartphone anda sukses melakukan pembaruan perangkat lunak. Permasalahan yang dialami oleh smartphone Akhirnya anda sukses diperbaiki. Anda bisa menghidupkannya kembali, tunggu sampai proses booting selesai dan smartphone Anda bisa digunakan seperti semula.

Lakukan kembali langkah yang sama apabila smartphone Anda mengalami kendala serupa, entah itu hang, aplikasi yang terus terhenti bahkan bootloop sekalipun. Cara ini akan efektif dan Anda tidak perlu membuang biaya untuk jasa teknisi.

Demikianlah ulasan mengenai cara flash Oppo A31 (CPH2015), semoga bermanfaat dan ulasan ini dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan pada smartphone kesayangan Anda khususnya Oppo A31 (CPH2015).