Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Cara Screenshoot Layar Laptop dengan Mudah dan Cepat

Mengambil sebuah tampilan layar atau bisa disebut dengan screenshot menjadi salah satu hal yang mudah untuk dilakukan. Mayoritas orang tentunya telah mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot dari handphone android. Namun, bagaimana caranya untuk mengambil screenshot di laptop? Terdapat beberapa cara screenshot layar laptop yang bisa Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Screenshoot Layar Laptop atau PC
Cara Screenshoot Layar Laptop

Bagaimana Cara Screenshoot Layar di Laptop atau PC?

Kali ini akan dibahas beberapa cara yang dipilih, berdasarkan tipe windows dan penggunaan aplikasi. Langkah ini pada dasarnya mudah sekali diterapkan. Dalam memilih mana yang akan diterapkan, Anda hanya tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan screenshoot dan tipe hasil yang diinginkan. Lalu, apa saja pilihan caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Screenshot Layar Laptop Windows 7

Operasi sistem Windows 7 merupakan salah satu operasi yang sederhana menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya. Dalam operasi sistem Windows 7, terdapat salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk screenshot layar laptop. Langkah yang pertama adalah pastikan tombol keyboard pada laptop Anda semuanya berfungsi.

Setelah itu, Anda bisa mencari tombol "prtscn" yang biasanya terletak pada sisi kanan bagian atas keyboard. Anda bisa memilih tampilan mana yang akan di screenshot, kemudian tekan tombol "prtsc" sebanyak 1 kali saja. Setelah itu, Anda bisa masuk ke menu paint yang telah ada di laptop. Jika tidak bisa menemukannya, Anda bisa mengetiknya di menu pencarian.

Selain membukanya di paint, Anda dapat membuka screenshot tersebut di beberapa aplikasi desain. Caranya adalah Anda hanya harus menekan tombol CTRL + V. Atau bisa juga memilih tombol paste sehingga gambar telah di screenshot akan muncul dalam ukuran penuh. Setelah itu, gambar tersebut dapat disimpan dalam sebuah file yang memiliki berbagai format ukuran, termasuk JPG.

Cara Screenshot Layar Laptop Di Windows 8

Cara screenshot layar laptop di Windows 7 dan Windows 8 ternyata memiliki perbedaan. Namun, perbedaan tersebut tidak jauh, hanya beberapa step saja yang membedakannya. Untuk mengambil screenshot di Windows 8, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Untuk rincian langkahnya tinggal menekan "logo Windows" dan menekan tombol "print screen" secara bersamaan. Setelah itu, layar akan tersimpan dalam laptop sesuai lokasi yang telah ditentukan secara otomatis.

Namun demikian, dalam tahap rincinya, cara pertama untuk melakukan screenshot layar di laptop Windows 8 adalah tentukan terlebih dahulu tampilan yang ingin di screenshot. Kemudian, Anda bisa menekan tombol Windows dan print screen. Jika berhasil maka laptop akan memberikan respon secara berkedut. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di folder picture.

Cara ini juga bisa dilakukan pada Windows 8.1 dan Windows 10. Anda bisa mengulangi langkah tersebut untuk mengambil screenshot di layar dalam jumlah yang banyak. Dengan kemudahan ini, maka Anda bisa mendapatkan hasil screenshoot secara lebih mudah dan cepat.

Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Cara screenshot layar laptop selanjutnya dapat menggunakan aplikasi snipping tool. Biasanya snipping tool ini memang digunakan untuk screenshot layar laptop. Namun, pastikan dahulu aplikasi ini telah ada ada di laptop Anda. Jika tidak, maka Anda bisa menginstalnya terlebih. Untuk melakukan screenshot menggunakan snipping tool sangat mudah dan simple.

Cara yang pertama adalah, Anda harus membuka terlebih dahulu halaman yang ingin di screenshot. Setelah itu, tekan tombol Windows yang ada di bawah keyboard dan pilih aplikasi snipping tool untuk dibuka. Jika Anda telah masuk pada aplikasi snipping tool, terdapat 4 fitur yang bisa di gunakan. 4 fitur tersebut menawarkan fungsi dengan ukuran berbeda-beda untuk screenshot layar.

Jika telah memilih salah satu dari 4 fitur tersebut, Anda bisa meletakkan kursor dan menyeretnya ke bagian lain. Setelah Anda selesai untuk memilih tampilan yang ingin di screenshot. Kemudian, hasilnya bisa disimpan melalui menu file kemudian "save as". Pilih tempat penyimpanan yang ingin ditempati tampilan screenshot tersebut di laptop Anda.

Pada dasarnya, jika dibandingkan dengan beberapa cara lain, cara yang satu ini lebih evisien. Pasalnya, prosesnya memang lebih praktis jika dibandingkan harus menggunakan paint setelah mengambil gambar. Dengan begitu, prosesnya pun akan lebih cepat.

Di samping itu, ada kelebihan tersendiri dari aplikasi snipping tools tersebut. Kelebihan tersebut adalah, dengan snipping tools Anda bisa langsung membatasi bagian layar mana yang akan discreenshoot. Dengan begitu, setelah proses selesai Anda tidak perlu lagi memotong hasil screenshoot layar tersebut.

Untuk mengambil atau screenshot layar di laptop memang tidak sulit. Namun pastikan keyboard pada laptop yang anda miliki berfungsi secara baik, termasuk tombol Windows atau tombol print screen. dari beberapa cara screenshot layar laptop yang sudah dibahas, Anda bisa memilih mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan selera. Jika ingin yang lebih fleksible, maka menggunakan snipping tools dalam hal ini lebih direkomendasikan.