Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara dan Permanen

Cara Menonaktifkan Akun Instagram - Cara menonaktifkan akun IG bukanlah hal mustahil untuk dilakukan, walaupun sebagian orang terkadang masing binggung. Mereka tidak paham jikalau ada beberapa cara yang dapat diterapkan baik itu secara permanen atau hanya sementara saja.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram
 Cara Menonaktifkan Akun Instagram

Menonaktifkan Akun Instagram

Dewasa ini banyak sekali berbagai sosial media yang berkembang hingga tak sedikit pula orang-orang memiliki profil di dalamnya. Hanya saja karena berbagai alasan banyak di antara mereka ingin menghapus akun-akun tersebut.

Baik itu karena jenuh, melindungi privasi atau bahkan memiliki masalah dengan akun yang dimiliki sehingga harus menghapusnya. Salah satunya adalah Instagram ini dan memang untuk menghapusnya terdapat langkah cukup mudah.

Hanya saja setelah itu Anda akan memperoleh konsekuensi atas cara tersebut. Kemudian perlu diperhatikan pula bahwa menonaktifkan sementara dengan menghapus akun tidaklah sama, meskipun pada akhirnya langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Cara Menghapus Instagram Sementara

Cara menonaktifkan akun IG ini memang bisa dilakukan secara permanen maupun sementara. Hanya saja untuk opsi yang kedua bisa diaktifkan kembali apabila suatu saat ingin menggunakannya lagi. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut:

1. Masuk ke Akun Pribadi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menonaktifkan akun Instagram, yaitu tentu masuk ke profil Anda terlebih dahulu. Pada tahap ini lakukan login seperti biasanya saja dengan memasukkan username dan kata sandi.

Hanya saja perlu digaris bawahi, jika Anda melakukan penonaktifan akun Instagram sementara, maka tidak bisa dilakukan melalui aplikasinya. Oleh karena itu, untuk bisa login harus membukanya dari komputer maupun browser pada smartphone.

2. Lakukan Penonaktifan

Tahap kedua untuk melakukan penonaktifan akun, silakan buka menu “edit profil” yang terletak di bawah jumlah followers. Selanjutnya lakukan scroll ke bawah dan pilih opsi nonaktifkan sementara di bagian bawah sendiri.

Kemudian, nantinya akan muncul tab yang berisi pertanyaan alasan, yaitu “mengapa Anda menonaktifkan akun?” Biasanya untuk menjawab hal tersebut akan diminta untuk memasukkan ulang kata sandi Instagram.

3. Pilih Alasan

Setelah Anda berhasil memasukkan kata sandi kembali akun Instagram, nanti akan muncul beberapa opsi alasan Anda menonaktifkan akun. Pilih salah satu yang paling sesuai untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap terakhir yaitu Anda hanya tinggal mengklik kotak tulisan “nonaktifkan sementara akun”, maka secara otomatis Instagram sudah tidak aktif lagi. Hanya saja tidak bersifat permanen, namun suatu saat masih dapat dikembalikan seperti sedia kala.

Cara Menghapus Akun IG Secara Permanen

Apabila Anda memilih untuk menonaktifkan akun secara permanen dalam artian menghapusnya, maka harus bisa menerima segala konsekuensinya. Di antaranya yaitu seluruh data di dalamnya juga akan hilang termasuk foto, video, dan juga followers. Langkah mudahnya sebagai berikut:

1. Login Melalui Tautan Khusus

Hal pertama yang perlu dilakukan sama seperti sebelumnya, yaitu Anda harus masuk dulu ke dalam akun Instagram tersebut dengan memasukkan username berupa e-mail atau nomor telepon beserta kata sandinya.

Hanya saja hal ini harus dilakukan melalui tautan khusus yang digunakan untuk menghapus akun. Anda dapat mencarinya di laman pencarian dengan kata kunci “delete Instagram” dan secara otomatis akan terhubung ke halaman tersebut,

2. Pilih Alasan

Setelah Anda berhasil login akun di dalam web tersebut, nanti akan terdapat beberapa opsi alasan yang harus dicentang. Setidaknya terdapat 9 untuk dijadikan pilihan dan pengguna hanya perlu memilih salah satunya.

Mungkin hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti keamanan data hingga privasi. Selanjutnya silakan baca peraturan serta konsekuensi yang harus diterima oleh pengguna apabila memilih untuk menghapus akun tersebut.

3. Login Ulang

Tahap terakhir yang perlu dilakukan setelah beberapa langkah di atas, yaitu Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi akun dengan melakukan login ulang. Caranya silakan masukkan kata sandi kembali ke dalam kotak yang tersedia.

Berikutnya akan muncul pilihan berupa “permanently delete my account”. Maka, silakan klik opsi tersebut dan Anda akan diarahkan kembali ke halaman login Instagram. Apabila tampilan sudah seperti itu, artinya akun berhasil dihapus.

Bisakah Menonaktifkan Akun IG Melalui Aplikasi?

Apabila Anda penasaran mengenai apakah bisa melakukan penonaktifan akun IG melalui aplikasi, maka jawabannya sangat bisa. Hanya saja pada akhirnya akan tetap diarahkan ke halaman resmi Instagram.com atau melalui browser dan berikut pemaparannya:

1. Masuk ke Instagram

Langkah pertama masih sama seperti lainnya, bahwa untuk bisa menghapus akun Instagram maka Anda pun juga wajib masuk ke dalam akunnya. Bedanya hal ini dapat dilakukan melalui aplikasi dan bukan browser.

Pada tahap ini lakukan login seperti biasanya. Kemudian di bagian pojok kiri atas akan tedapat tiga titik, maka silakan klik itu dan cari menu setting di bagian paling bawah hingga Anda akan diarahkan ke tab pengaturan Instagram.

2. Kelola Akun

Selanjutnya Anda harus masuk ke menu help center sehingga akan diarahkan ke laman resmi Instagram.com. Dari sini pengguna akan diminta untuk mengelola akunnya dengan klik opsi “kelola Akun” hingga akhirnya dimasukkan ke tab berikutnya.

Kemudian silakan pilih “hapus akun Anda” hingga muncul beberapa pertanyaan mengenai alasan ingin menonaktifkan Instagram. Pada tahap ini ikuti saja petunjuk yang diberikan hingga di bagian akhir, maka secara otomatis akan terhapus.

Berapa Lama Akun Instagram Dinonaktifkan Sementara?

Pada dasarnya sebuah akun Instagram yang dinonaktifkan sementara sama saja membuatnya istirahat sehingga bisa dipulihkan kembali. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena berdasarkan peraturan dari developernya tidaklah ada batasan waktu.

Maka, dari sini Anda bisa bebas melakukan penonaktifan akun kemudian memulihkannya kembali dalam jangka waktu yang dekat ataupun cukup lama. Misalnya satu bulan hingga setahun karena ingin menjauh dari dunia digital sementara.

Hal ini pun juga tidak dijelaskan oleh laman resmi IG sehingga sudah bisa dipastikan apabila menonaktifkan akun sementara tidaklah ada batas waktunya. Namun, sebaiknya tetap lakukan login sesekali karena tidak ada yang tahu kapan Instagram akan mengubah peraturannya.

Bagaimana Cara Mengaktifkannya Kembali?

Selanjutnya, bagaimana jika setelah menonaktifkan akun tiba-tiba Anda ingin mengaktifkannya kembali? Tidak perlu khawatir karena faktanya untuk memulihkan tidaklah ribet bahkan Instagram terkesan memudahkan penggunanya.

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram ini Anda hanya perlu melakukan login menggunakan username dan password seperti biasa melalui aplikasi maupun browser. Akan tetapi, di sini perlu diingat bahwa untuk bisa masuk harus menunggu setidaknya selama satu jam supaya dapat pulih.

Jika ternyata Anda lupa dengan kata sandi akun, maka bisa melakukan pemulihan atau reset password. Caranya pun masih sama seperti biasanya, yaitu hanya tinggal memilih opsi “lupa sandi” di bagian bawah kotak login.

Demikian cara-cara menonaktifkan akun IG untuk sementara maupun secara permanen. Terlepas dari apapun alasannya (jika Anda tidak berniat menghapus selamanya), maka gunakan langkah pertama supaya dapat mengembalikannya lagi suatu saat.