Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Chromium Permanent di Beberapa Windows

Cara Uninstall Chromium Permanent - Chromium merupakan salah satu browser yang mungkin kini sudah tidak banyak orang yangmenggunakan. Hal ini dikarenakan browser open source ini memberikan banyak dampak negatif untuk pengguna. Tahukah Anda jika banyak Chromium adalah browser yang hampir sama dengan virus? Hal ini memang benar jika dikaitkan dengan penggunaannya yang muncul secara tiba-tiba. Pada bacaan artikel dibawah ini akan dijelaskan mengenai tips menghapus browser chromium.

Cara Menghapus Chromium Permanent
Cara Menghapus Chromium Permanent 

Apa saja yang Harus Dihapus pada Chromium Browser?

Jika Chromium adalah sebuah browser, maka hal ini bisa dihapus sesuai dengan aplikasi lainnya. Pertama, Anda bisa langsung menghapus dengan melakukan uninstall pada browser tersebut. Selain itu, ada juga yang menghapusnya melalui aplikasi bernama iObit Uninstaller. Keduanya cukup mudah untuk dilakukan. Namun pastikan semua hal yang berhubungan pada browser tersebut sudah terhapus dengan bersih.

Cara Menghapus Chromium pada Beberapa Versi Windows

Setelah mengetahui bagaimana teknik yang ada, Anda bisa menerapkannya sesuai dengan windows pada pc masing-masing. Kurang lebih caranya sebenarnya sama. Untuk penjelasan lebih rinci, pahami penjelasan berikut ini.

1. Menghapus Chromium Secara Umum

Beberapa cara menghapus secara umum untuk Windows itu hampir sama. Namun, hanya saja cara ini tidak bisa menghilangkan file secara sepenuhnya.
  • Pertama, Anda harus klik login Windows yang ada pada pojok kiri bawah layar pc.
  • Setelah itu pilihlah opsi control panel.
  • Selanjutnya, carilah program aplikasi Chromium yang ada di PC.
  • Setelah itu klik kanan dan pilih Uninstall.

2. Menghapus Chromium pada Windows 7

Selanjutnya adalah cara menghapus Chromium pada Windows 7 secara permanen.
  • Awalnya Anda harus membuka Windows Explorer. Ini bisa Anda akan buka dengan menekan tombol CTRL + E pada keyboard.
  • Klik Menu dan pilih folder option pada tools.
  • Buka view dan berikan centang pada kotak bertuliskan Show Hidden Files.
  • Setelah itu, kunjungi Drive C dan cari folder bernama Chromium.
  • Kemudian, klik CTRL + ALT + delete.
  • Dan yang terakhir pilih opsi End Task Chromium.

3. Menghapus Chromium pada Windows 8

 Dan ini adalah cara menghapus Chromium secara permanent pada Windows 8.
  • Pada Windows 8 Anda bisa langsung masuk pada folder pengguna (user).
  • Lanjutkan dengan klik folder C.
  • Klik view, option, change folder, dan search options secara berurutan.
  • Setelah itu, pilihlah hidden file pada opsi Show hidden files, folders and drivers.
  • Selanjutnya, pilihlah folder local dan hapus Chromium pada PC. Dengan begitu, file pada browser akan hilang secara permanen.

4. Menghapus Chromium pada Windows 10

Dan yang terakhir adalah pembahasan mengenai cara menghapus Chromium pada Windows 10.
  • Langkah pertama Anda harus mengunjungi Drive C dan temukan user pengguna.
  • Klik folder bernama Appdata kemudian local.
  • Selanjutnya, pilih view dan opsi option serta how hidden files, folders dan drivers.
  • Dengan begitu, file Chromium akan muncul dan bisa langsung Anda hapus dengan bersih.

Alasan Chromium Tidak Digunakan Lagi Oleh Pengguna PC

Dulu, Chromium sempat menjadi browser yang banyak digunakan oleh banyak orang. Namun, seiring berkembangnya waktu, browser ini dianggap kurang dalam performanya. Selain itu, mulai bermunculan browser baru yang lebih canggih. Banyak browser yang bermunculan dengan ukuran yang lebih kecil. Beberapa alasan ini menjadi alasan mengapa banyak orang meninggalkan Chromium. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa alasan khusus mengapa Chromium dihapus oleh banyak orang.

Menyerupai Virus

Banyak orang yang beranggapan bahwa Chromium menyerupai virus. Ketika Anda membuka PC dan windows mulai terbuka disitulah Chromium bisa langsung bekerja. Sehingga, ketika layar background sudah terbuka maka Anda akan langsung dihadapkan pada halaman Chromium secara langsung. Ini membuat pengguna PC tidak nyaman dan merasa terganggu. Inilah yang menyebabkan banyak orang enggan untuk menggunakan Chromium lagi.

Terdapat Browser Lain yang Lebih Baik

Alasan kedua yaitu karena adanya banyak browser yang lebih baik daripada Chromium. Browser yang dimaksud adalah chrome. Browser Chrome disajikan dengan halaman yang efektif untuk pembaca. Selain itu, Chrome juga tidak akan terbuka secara otomatis jika tidak dibuka oleh penggunanya. Pemakaiannya pun ringan dan tidak memberatkan handphone.

Menyebabkan Kinerja PC Menurun

Terakhir, beberapa orang menganggap bahwa Chromium bisa menurunkan kinerja atau performa PC menurun. Hal ini berkaitan dengan pembahasan jika Chromium ini bisa membuka dengan sendirinya tanpa Anda klik untuk membukanya. Inilah yang menyebabkan PC akan merasa sedikit bingung karena ketika dia menyala maka harus sigap segera membuka browser tersebut. Penggunaanya juga bisa memakan tempat memori yang lumayan banyak. Inilah yang menyebabkan PC Anda sering lemot dan bahkan sering eror ketika digunakan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara menghapus Chromium secara umum dan permanent. Diuraikan juga secara spesifik mengenai cara yang disesuaikan dengan Windows yang digunakan. Beberapa alasan mengapa Chromium ditinggalka banyak orang juga tersedia. Sebagai pengguna teknologi yang baik, Anda memang harus terus mengikuti perkembangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.