Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Membuat Swipe Up di Story Instagram

Cara Membuat Swipe Up di Stories Instagram - Pesatnya perkembangan teknologi membuat para pengembang aplikasi dan sistem website berlomba-lomba untuk bisa menciptakan platform yang seiringan dengan kecanggihan teknologi. Salah satu platform yang sangat terlihat perkembangannya adalah sosial media.

Cara Membuat Swipe Up di Story Instagram
Cara Membuat Swipe Up di Story Instagram

Anda mungkin mengenal salah satu platform sosial media Instagram. Dari masa ke masa, Instagram terus membuat pengembangan aplikasi agar membuat para penggunanya semakin nyaman saat menggunakan Instagram. Salah satu pengembangan yang dilakukan Instagram tersebut adalah menghadirkan fitur Swipe Up.

Meskipun menjadi fitur unggulan, masih banyak pengguna Instagram yang belum mengetahui cara membuat Swipe Up di story Instagram ini. Salah satu penyebabnya karena memang mereka belum memahami penggunaan dari fitur Swipe Up tersebut.

Swipe Up sendiri merupakan sebuah fitur yang menjadi jembatan dari sebuah story Instagram agar bisa masuk pada sebuah halaman website. Halaman tersebut tentu merupakan website yang sebelumnya sudah disematkan oleh pemilik akun. Dengan berbagai kelebihannya, fitur Swipe Up sangat berpengaruh besar dalam menaikkan traffic kunjungan pada platform atau situs web.

Syarat untuk bisa menggunakan fitur Swipe Up di IG

Penggunaan fitur Swipe Up hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki akun Instagram dengan jumlah followers minimal 10.000 orang. Selain itu, untuk bisa membuat Swipe Up di story Instagram, akun yang digunakan harus terdaftar sebagai akun Instagram Business. Kedua hal tersebut merupakan ketentuan dasar dari penggunaan fitur Swipe Up.

Pengembangan yang dilakukan Instagram menuntut para pebisnis untuk bisa memahami pentingnya peranan media sosial. Setidaknya mereka mau mencoba menggunakan fitur yang disediakan Instagram untuk menaikkan level bisnis yang mereka miliki.

Fitur Swipe Up pada Instagram saat ini banyak dimanfaatkan oleh para influencer. Tentu saja, mereka bisa memanfaatkan fitur tersebut karena memiliki akun Instagram Business dengan jumlah pengikut lebih dari 10.000 orang. Dengan membuat Swipe Up di story Instagram, mereka bisa membagikan link website bisnis mereka.

Cara tersebut tentu akan membuat para pengikutnya penasaran. Pada akhirnya, pengikut mereka akan membuka link yang disematkan pada fitur Swipe Up tersebut. Ini akan sangat membantu mereka dalam menaikkan bisnis mereka.

Berikut langkah untuk membuat Story Swipe Up

Lalu bagaimana sebenarnya cara membuat Swipe Up pada insta story ini? Bagi Anda yang juga belum mengetahuinya, simak ulasan berikut ini!

1. Buat Instagram Story

Pada halaman beranda aplikasi Anda bisa membuat story dengan menekan gambar kamera yang terletak pada ujung kiri atas layar. Setelah menekan gambar tersebut, Anda akan dibawa masuk pada halaman kamera. Pada fitur ini Anda bisa mengupload story berupa teks, foto maupun video.

Untuk membuat Swipe Up di story Instagram, Anda bisa mengupload foto dan video yang terdapat pada galeri. Untuk bisa melakukannya Anda bisa menggeser layar dari bawah ke atas dan Anda akan mendapati tampilan halaman galeri pada smartphone.

Pilih foto atau video yang ingin Anda upload di story Instagram. Namun jika Anda ingin mengupload foto atau video yang tidak terdapat pada galeri, Anda bisa menggunakan fitur camera atau handsfree.

2. Tambahkan Link URL Sesuai Kebutuhan


Setelah gambar atau video yang dipilih muncul pada halaman kamera, Anda dapat menambahkan link pada gambar atau video tersebut. Carilah icon linked kemudian pilih icon tersebut. Agar postingan Anda tampak lebih menarik, Anda bisa menambahkan stiker atau gambar-gambar menarik yang bisa mengajak pengikut Anda untuk melakukan call to action.


Pada langkah membuat Swipe Up di story Instagram selanjutnya akan sampai pada halaman di mana Anda akan menambahkan link website. Pada halaman ini Anda akan diminta untuk mengisi link website atau sosial media yang akan ditautkan. Periksa kembali link tersebut dan jika sudah yakin pilihlah icon checklist pada bagian ujung kanan layar.

3. Swipe Up Berhasil Dibuat

Setelah melakukan langkah di atas, Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi yang berisi "call to action added". Selanjutnya Anda juga akan mendapati icon linked akan berubah menjadi lebih tebal dari sebelumnya. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan call to action?

Call to action merupakan sebuah fitur yang mengajak audiens untuk melakukan aksi dari sebuah postingan. Saat membuat Swipe Up di story Instagram Anda mungkin akan mendapati sebuah tampilan berupa kata see more atau learn more. Tampilan kata tersebut merupakan bentuk dari call to action pada postingan Anda. Keberadaan call to action ini tentu akan membantu menaikkan traffic website Anda.

Perlu diketahui, Anda tidak hanya bisa menggunakan url link saja untuk menjangkau traffic. Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti memanfaatkan fitur gif dan add text. Saat menggunakan fitur gif Anda bisa memilih beberapa animasi Swipe Up yang sesuai dengan tema pada postingan Anda. Sedangkan jika Anda menggunakan add text Anda dapat menuliskan "swipe up to see more" atau sejenisnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cara membuat Swipe Up di story Instagram. Bagi Anda seorang pebisnis yang juga aktif dalam media sosial tentu penggunaan Swipe Up tersebut akan sangat menguntungkan bagi Anda. Selamat mencoba!