Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Layar Laptop Mati yang Wajib Anda Ketahui

Penggunaan laptop saat ini banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah atau urusan pekerjaan kantor. Laptop dipilih karena mudah dan ringan jika dibawa kemana-mana. Namun, terkadang ada beberapa masalah yang menjadi penghambat saat menggunakan laptop. Salah satunya adalah layar laptop mati tiba-tiba. Penyebab layar laptop mati ini sendiri sangat beragam.

Daftar Penyebab Layar Laptop Mati (Blank)
Penyebab Layar Laptop Mati (Blank)

Layar laptop mati bisa disebabkan oleh masalah internal laptop maupun eksternalnya. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memastikan dimana letak kerusakannya. Jika sudah menemukan masalahnya, maka Anda bisa mulai memperbaikinya.

Ketahui Penyebab Layar Laptop Mati dan Cara Mengatasinya

Layar laptop menjadi salah satu komponen yang cukup rentan terhadap masalah kerusakan. Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab utama dibalik layar yang  mendadak hilang (blank). Tetapi harap dibedakan juga ya, antara laptop mati total dengan yang layarnya mati. Anda masih bisa memperbaiki masalah tersebut dengan cara dibawah ini:

1. Adanya Permasalahan Pada Mainboard Laptop

Saat laptop mati secara tiba-tiba, bisa jadi ada permasalahan pada mainboard laptop. Anda dapat melepas beberapa komponen seperti DVD, WiFi Card, dan Hardisk. Selanjutnya, bersihkan debu yang ada di semua komponen, termasuk pada mainboard laptop. Dari sini Anda bisa langsung mengecek apakah terjadi permasalahan pada mainboard atau korsleting pada komponen lain.

Apabila setelah komponen seperti DVD, WiFi card, dan hardisk di lepas laptop dapat menyala kembali, maka yang bermasalah atau terjadi korsleting adalah komponen tersebut. Namun, jika setelah komponen tersebut dilepas dan laptop tetap menyala, maka yang bermasalah adalah mainboard pada laptop yang Anda gunakan.

2. Adanya Permasalahan Pada RAM Laptop

Salah satu penyebab layar laptop mati adalah adanya permasalahan pada RAM laptop. Apabila lampu indikator tetap hidup dan mesin laptop masih berjalan dengan baik, namun layar tidak menampilkan apapun, Anda perlu mengecek RAM laptop.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba melepas RAM dan membersihkannya. Kemudian pasang RAM kembali dan pastikan posisinya benar. Apabila RAM sudah dibersihkan namun layar laptop tetap mati, kemungkinan besar RAM laptop anda rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

3. Adanya Permasalahan Pada Baterai Laptop

Layar laptop yang tiba-tiba mati, bisa jadi disebabkan oleh daya pada baterai yang habis. Solusinya adalah dengan menghubungkan laptop pada adaptor listrik. Setelah itu, tunggu beberapa saat agar daya pada baterai laptop terisi kembali. Setelah menunggu beberapa waktu, Anda dapat mencoba menyalakan laptop kembali.

Apabila sudah melakukan langkah tersebut namun layar laptop tetap mati, maka coba lepas baterai laptop. Selanjutnya coba nyalakan laptop dengan tetap menghubungkannya dengan adaptor ke listrik. Jika ternyata laptop bisa menyala setelah baterai dilepas, itu berarti baterai laptop sudah mengalami kerusakan dan Anda perlu membeli baterai laptop yang baru.

4. Adanya Permasalahan Pada Adaptor Laptop

Salah satu bagian paling penting pada laptop adalah adaptor. Fungsi dari adaptor sendiri adalah untuk mengisi daya baterai laptop. Apabila layar laptop mati secara tiba-tiba dengan kondisi adaptor tersambung, Anda dapat mencoba untuk cek aliran listrik dari stop kontak atau stabilizer yang digunakan. Apabila aliran pada stabilizer tidak terukur, maka coba sambungkan pada stop kontak lain.

Apabila lampu indikator tidak menyala, maka kemungkinan besar permasalahannya adalah pada adaptor. Yang harus dilakukan jika hal ini terjadi adalah, melakukan pengecekan pada kabel adaptor. Hal yang sering kali terjadi adalah kerusakan pada kabel power karena kurang hati-hati pada saat penggunaan adaptor sehingga menjadi salah satu penyebab layar laptop mati.

5. Adanya Permasalahan Pada Komponen Power Laptop

Ketika laptop tiba-tiba mati pada saat digunakan, cobalah untuk memeriksa tombol power pada laptop Anda. Ada kemungkinan terjadinya kerusakan pada laptop karena tegangan listrik yang tidak stabil dan tiba-tiba melonjak tinggi. Dalam kasus ini, Anda harus mencoba untuk memeriksa tombol power On/Off dan IC Power pada laptop.

Pada saat Anda melakukan charger pada laptop, biasanya akan terjadi input aliran daya listrik yang berbeda. Untuk membuat laptop bisa kembali menyala, Anda harus melepas charger laptop. Setelahnya, silahkan tekan tombol power selama 30 detik sampai daya laptop habis. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk memasang kembali charger laptop dan mencoba menyalakannya.

6. Adanya Permasalahan Pada Processor Laptop

Bagian inti atau yang biasa disebut otak komputer atau laptop adalah Processor. Kerusakan pada Processor akan menghambat jalannya semua sistem yang ada laptop. Jika tiba-tiba layar laptop mati, Anda dapat mencoba memeriksa Processor. Mungkin sedang terjadi gangguan di Processor sehingga layar laptop pun mati.

Cara untuk memeriksa Processor laptop yang pertama adalah dengan membersihkan debu dari heatsink, fan Processor, dan saluran pembuangan angin yang ada di laptop. Jika pasta Processor sudah dalam kondisi yang tidak baik, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Setelah itu pasang kembali Processor laptop Anda dengan benar.

Nah, itulah beberapa permasalahan yang menjadi penyebab layar laptop mati. Kenali penyebab-penyebab nya sehingga Anda tidak lagi bingung ketika layar laptop mati tiba-tiba saat digunakan. Laptop memiliki komponen yang saling berhubungan sehingga harus dijaga dengan baik. Periksa komponen yang sudah disebutkan di atas apabila ada layar laptop Anda tidak bisa menyala.