Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memori Perangkat

Cara mengembalikan file yang terhapus memang tidak terlalu rumit dan dijamin bisa diterapkan. Apalagi jika Anda secara tidak sengaja menghilangkannya padahal dokumen tersebut sangat penting, maka setelah membaca artikel ini tidak perlu khawatir lagi.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus
Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dan Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Metode Konvensional

Cara pertama untuk mengembalikan file yang terhapus dapat dilakukan secara konvensional. Maksudnya di sini adalah dengan memanfaatkan fitur yang terdapat di dalam komputer Anda sehingga tak perlu lagi aplikasi bantuan. Penasaran? Simak ulasannya:

1. Backup dan Restore

Metode yang pertama yaitu mengembalikan file melalui fitur backup yang terdapat di dalam komputer. Bahkan cara ini dapat diterapkan di windows 7, 8 dan 10. Namun, perlu diingat jika sebelumnya Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu supaya data yang pernah tersimpan bisa dibaca oleh sistem.

Caranya yaitu dengan membuka control panel terlebih dahulu. Kemudian pilih opsi system and maintenance dan selanjutnya klik lagi backup and restore. Setelah itu Anda cari file atau folder tempat disimpan sebelumnya dan klik OK, maka akan terbaca secara otomatis oleh sistem.

2. Metode Restore Previous Versions

Cara kedua yaitu dengan memanfaatkan restore previous versions pada komputer entah itu winodws 7, 8 hingga 10. Namun, seperti sebelumnya bahwa di sini Anda juga harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur file history.

Kemudian cara mengembalikannya yaitu dengan mencari file atau folder tempatnya semula disimpan lalu klik kanan. Nantinya terdapat tampilan tab dengan berbagai opsi, maka pilih restore previous versions sehingga akan muncul daftar berbagai data yang pernah terhapus secara permanen.

3. Recycle Bin

Recycle bin merupakan fitur yang pasti ada di dalam setiap komputer. Fungsinya adalah untuk menampung file, foto, video atau apa saja yang terhapus dari penyimpanan. Maka, apabila Anda ingin mencari dokumen tersebut dapat melalui perangkat lunak ini.

Caranya yakni klik tombol start dan ketikkan recycle bin di kolom pencarian. Silakan buka dan nantinya akan muncul tampilan berbagai file yang pernah dihapus. Maka cari dokumen Anda lalu klik kanan dan pilih opsi restore sehingga data tersebut akan kembali ke penyimpanan awal.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Menggunakan Aplikasi

Cara mengembalikan file terhapus selanjutnya yang dapat diterapkan yaitu menggunakan aplikasi. Hal ini dapat Anda gunakan apabila langkah-langkah di atas ternyata tidak berfungsi sehingga di sini masih terdapat beberapa alternatif pilihan, di antaranya:

1. Recuva

Aplikasi pertama yang terbukti bisa mengembalikan file terhapus dan sering digunakan adalah Recuva. Caranya yaitu dengan menginstallnya terlebih dahulu di dalam komputer kemudian silakan bukan sistemnya dan pilih jenis file yang akan dikembalikan.

Kelebihannya menggunakan aplikasi ini yaitu Anda dapat mengembalikan semua jenis file sekaligus. Kemudian langkah selanjutnya silakan pilih penyimpanan yang diinginkan dan klik start. Maka sistem akan segera membaca datanya dan dokumen-dokumen tersebut akan kembali lagi ke tempat awal.

2. Dr.Fone

Kedua, Anda bisa memanfaatkan perangkat lunak Dr.Fone yang dirancang dapat mengembalikan file dengan mudah. Sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan Recuva, yaitu tentu menginstallnya terlebih dahulu di dalam komputer.

Kemudian silakan buka aplikasinya hingga muncul tampilan untuk memilih tipe file. Setelah itu pilih jenis dokumen yang diinginkan dan komputer akan ter-restart secara otomatis. Pada tahap ini jangan panik, Anda hanya tinggal menunggu proses selesai dan PC menyala kembali.

Lamanya proses loading ini pun juga tergantung dari ukuran file nya. Kemudian silakan tunggu saja hingga komputer selesai menyecan data. Apabila proses selesai, maka dokumen-dokumen yang hilang tersebut sudah bisa Anda lihat kembali.

Bagaimana Jika File Terhapus di Dalam Android?

Tenang saja. Sebab, pada hakikatnya Android merupakan benda elektronik yang memiliki kemampuan mirip dengan komputer. Begitu pula dengan sistem penyimpanannya sehingga apabila data terhapus masih ada harapan untuk mengembalikannya. Berikut ulasannya:

1. DiskDigger

Pertama adalah aplikasi DiskDigger. Cara menggunakannya yaitu tentu dengan mengunduhnya telebih dahulu secara gatis di PlayStore. Namun, terkadang beberapa versi Android akan meminta ijin untuk root, maka klik “YA” saja.

Kemudian silakan mulai mencari lokasi penyimpanan awal file tersebut terhapus lalu tentukan jenis formatnya. Setelah itu tekan “OK”, maka aplikasi ini akan otomatis melakukan scan data hingga muncul tampilan dokumen-dokumen yang hilang. Terkahir silakan simpan, maka proses telah selesai.

2. Dhumpster

Aplikasi kedua yaitu Dumpster. Ia merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto, file maupun video terhapus. Caranya yaitu tentu Anda harus memasangnya terlebih dahulu di dalam Android dan dapat didapatkan secara gratis melalui PlayStore.

Kemudian silakan buka aplikasinya, maka secara otomatis file Anda akan muncul kembali. Pada dasarnya perangkat lunak ini memiliki sistem yang sama dengan backup and restore sehingga dokumen-dokumen yang tersimpan di Android akan disimpan oleh sistem.

3. Wondershare MobileTrans

Cara selanjutnya, yaitu Anda dapat memanfaatkan software yang diunduh melalui komputer untuk mengembalikan file di Android. Langkah pertama ialah sambungkan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel data dan aktifkan mode USB Debugging.

Kemudian silakan pilih jenis file yang akan dikembalikan, maka perangkat lunak ini secara otomatis akan melakukan scanning data sehingga file hilang bisa muncul kembali. Terakhir Anda harus memiih file yang diinginkan dan tekan recover.

4. MobiKin Doctor

Selanjutnya ada software yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file terhapus di Android yaitu MobiKin Doctor dengan memasangnya melalui komputer. Kemudian sambungkan dengan mode USB seperti biasanya hingga muncul tampilan baru.

Memang tidak jauh berbeda caranya, sebab setelah ini Anda juga akan diminta untuk memilih jenis file terlebih dahulu sehingga sistem dapat melakukan scanning. Tunggu sampai proses pembacaan data selesai maka dokumen yang diinginkan sudah bisa dikembalikan.

5. Delete Photos Recovery Workshop

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini dalam mengembalikan file di dalam Andoid, Anda tidak perlu melakukan rooting terlebih dahulu. Sayangnya perangkat ini hanya dapat digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus saja.

Meskipun begitu, caranya cukup mudah, yaitu Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui PlayStore. Setelah itu silakan langsung cari file-file yang telah terhapus dan klik “kembalikan foto”, maka semua data akan pulih lagi seperti sedia kala.

6. Restore Image

Aplikasi ini merupakan salah satu perangkat lunak pengembali foto seperti yang telah dijelaskan di atas. Caranya pun cukup simpel bahkan dapat digunakan tanpa harus melalui proses rooting terlebih dahulu.

Apabila aplikasi telah terunduh, maka silakan tentukan folder penyimpanan foto sebelumnya yang telah terhapus. Setelah itu klik start dan tunga proses scan selesai. Apabila telah berhasil, selanjutnya pilih restore image dan data akan kembali seperti semula.

Demikian beberapa cara mengembalikan file terhapus via Android maupun komputer. Pada dasarnya berbagai alternatif aplikasi ini sama saja, hanya untuk berjaga-jaga Anda pun juga perlu melakukan penyimpanan ganda di media lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memori Perangkat"